Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Platini Minta Blatter Pergi dari FIFA

Warta Ekonomi -

WE Online, Zurich - Presiden UEFA Michel Platini melakukan salah satu penampilan paling emosionalnya sejak dirinya masih aktif bermain, ketika ia mengatakan bahwa inilah saatnya Sepp Blatter untuk berhenti sebagai presiden FIFA, di mana badan sepak bola itu kini menghadapi krisis korupsi.

"Saya memiliki afeksi untuk Tuan Blatter, dan ia selalu mengatakan ia seperti seorang paman bagi saya. Namun cukup berarti cukup. Jika saya tidak dapat mengatakan kepadanya bahwa inilah saatnya untuk berhenti, maka siapa yang bisa? Seorang teman sejati dapat mengatakan realitas kepada teman lainnya," katanya.

Platini mengatakan bahwa sepanjang pertemuan komite darurat di FIFA pada Kamis pagi, ia mengatakan kepada Blatter untuk mundur.

Ia mengatakan bahwa dirinya juga berharap 45 atau 46 dari 53 negara Eropa akan memberi suara untuk Pangeran Ali bin Al Hussein asal Jordania pada pemilihan presiden pada Jumat, untuk menentang Blatter yang mengincar menduduki jabatan presiden untuk kelima kalinya. Jumlah suara itu tidak akan cukup untuk menggulingkan Blatter namun akan memberi sinyal kuat penolakan.

Platini mengatakan bahwa UEFA dapat menarik diri dari FIFA jika perubahan-perubahan besar tidak dilakukan di badan sepak bola dunia itu, namun juga mengakui bahwa dirinya sendiri sedang menghadapi krisis.

"Saya berkata, saya meminta Anda untuk pergi, citra FIFA hancur. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak dapat meninggalkan semuanya secara mendadak. Saya katakan hal ini dengan kesedihan dan air mata di mata saya, namun terdapat terlalu banyak skandal, FIFA tidak layak diperlakukan seperti ini," tambahnya.

Platini, salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa, mengatakan dirinya memulai hubungan panjangnya dengan Blatter pada 1998, di mana saat ia telah menyimpan kostum timnas Prancisnya untuk menjadi panitia penyelenggara Piala Dunia 1998 di Prancis.

Ketika ditanyai apakah ia realitis bahwa Blatter dapat kalah pada pemilihan Jumat, Platini membalas, "Saya pikir ia dapat dikalahkan, ya. Sebelum kemarin tidak, namun setelah apa yang terjadi kemarin, ya. Cukup adalah cukup. Saya pikir akan terdapat banyak perubahan."

"Saya merupakan orang pertama yang jijik dengan hal ini (korupsi FIFA). Saya memiliki masalah perut ketika saya memikirkan masalah FIFA," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: