Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi MEA, Kemenkop Tingkatkan Standar Kompetensi Kerja

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi agar memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi SDM koperasi dan UKM yang berorientasi ekspor di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Menjelang diberlakukannya masyarakat ekonomi ASEAN, standar kompetensi kerja adalah sesuatu yang sangat penting," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Prakoso sendiri baru saja memberikan pengarahan dalam acara pelatihan pengembangan kompetensi SKKNI bagi SDM KUKM ekspor di Medan, Sumut. Ia mengatakan pelatihan yang dilaksanakan menggunakan konsep berbeda yakni langsung praktik, dan implementasi dalam kelas-kelas sehingga tidak perlu lagi ada seremonial sebelum acara.

Prakoso sendiri di Medan memberikan pelatihan di 17 kelas untuk berbagai materi yang diikuti ratusan peserta termasuk keluarga petani dan nelayan serta mahasiswa yang telah merintis usaha. Pada kesempatan itu ia menekankan pentingnya bagi KUKM yang berorientasi ekspor untuk menjaga kualitas dan kontinuitas produk.

"Ini merupakan bagian dari SKKNI yang harus dipenuhi oleh SDM KUKM ekspor kita agar bisa bersaing di pasar bebas," ucapnya.

Ia juga menekankan pentingnya SDM KUKM ekspor untuk memiliki pengetahuan yang memadai dalam hal perjanjian kontrak sekaligus penguasaan terhadal bahasa asing. "Yang juga penting yakni harus mau belajar lebih mengenali karakter dan budaya negara tujuan ekspor," ujarnya.

Pihaknya sendiri melihat Medan sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki potensi dalam banyak hal. Selain produk-produk KUKM yang dihasilkan dari daerah itu juga berkualitas, Medan dengan penduduk yang padat juga potensial menjadi pasar.

Pelatihan yang digelar di lembaga kewirausahaan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) itu merupakan bagian dari pelatihn terpadu yang dilaksanakan Deputi Bidang SDM Kementerian Koperasi dan UKM selain pelatihan bagi aparatur dan penyuluh koperasi. Di samping juga dilakukan workshop untuk menggali ide bisnis, pelatiahan pengawas koperasi KSP/USP/KJKS, dan pelatihan TOT bagi koperasi.

Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan dua kelas pelatihan kewirausahaan untuk korban gempa Sinabung bertempat di sekitar lokasi yang terkena gempa. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: