Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Canon Luncurkan Kamera DSLR Beresolusi 50,6 MP, EOS 5DS & EOS 5DSR

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Canon selaku pemimpin industri pencitraan digital di seluruh dunia memperkenalkan dua seri kamera DSLR terbaru yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan para fotografer profesional yang semakin kompleks dan kian menantang. Canon melalui pt. Datascrip selaku distributor tunggalnya di Indonesia memperkenalkan dua seri kamera DSLR terbaru EOS 5DS dan EOS 5DSR. Kedua kamera tersebut tidak hanya dilengkapi dengan teknologi mutakhir di dalamnya tetapi juga mengusung sensor dengan resolusi gambar terbesar yang pernah dihadirkan dalam sejarah kamera DSLR.

Sensor Terbesar Dalam Sejarah

Canon EOS 5DS dan EOS 5DSR telah dilengkapi dengan sensor CMOS 35mm Full Frame dengan resolusi maksimal 50,6 megapiksel. Kehadiran prosesor Dual DIGIC 6 yang digunakan EOS 5DS dan EOS 5DSR bekerja optimal dalam menghasilkan foto yang tajam dengan detail yang menawan. Teknologi Optical Low-Pass Filter (LPF) Cancellation pada EOS 5DSR semakin menyempurnakan ketajaman dan detail foto yang dihasilkan dari sensor beresolusi ultra tinggi tersebut.

"Canon EOS 5DS dan EOS 5DSR hadir menjawab kebutuhan para pecinta fotografi yang membutuhkan hasil foto yang memuaskan dengan detail yang menakjubkan. Dengan beragam kelebihan dan keunggulan di dalamnya, kedua kamera ini cocok untuk digunakan mulai dari para penggiat fotografi landscape, foto studio hingga untuk kebutuhan fotografi komersial memerlukan resolusi tinggi," ujar Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Div., pt. Datascrip.

Meskipun keduanya terlihat mirip satu dengan lainnya, namun masing-masing tipe memiliki kelebihan. Canon EOS 5DS dibekali dengan Optical Low-Pass Filter yang efektif meminimalkan tampilan distorsi yang tidak diinginkan atau efek moiré. Sedangkan Canon EOS 5DSR dilengkapi dengan LPF Effect Cancellationyang menjaga detail foto tetap tajam dan kemampuan kamera tetap optimal.

Dengan resolusi gambar yang besar, resiko foto menjadi blur yang diakibatkan dari guncangan pada kamera akan semakin tinggi pula. Canon telah mengembangkan fitur Mirror Vibration Control System. Efek blur dari guncangan kamera dapat berkurang dengan cara meredam getaran yang terjadi pada saat cerminbergerak.

Tidak hanya itu saja, keduanya dilengkapi pula dengan pengaturan Release Time Lag Arbitrary yang dapat mengurangi getaran kamera. Pengaturan ini bekerja dengan cara membuka exposure hanya pada saat cermin terbuka. Pengguna dapat mengatur jeda waktu mulai dari 1/8 detik hingga 2 detik.

Canon telah melengkapi pilihan Picture Style terbaru,yaituFine Detail yang dirancang untuk memaksimalkan resolusi kamera dengan detail yang tajam pada foto-foto yang dihasilkan. Tentu saja hal tersebut sangat berguna bagi para fotografer yang memotret arsitektural, landscape, fashion, maupun pemotretan komersial.

Kinerja Tinggi dan Dapat Diandalkan Segala Situasi

Dilengkapi dengan prosesor DIGIC 6 yang mutakhir, EOS 5DS dan EOS 5DSR mampu memotret secara terus menerus hingga 5 frames per seconds (fps)dengan resolusi penuh 50,6 megapiksel. Agar fokus lebih maksimal, sistem AF yang diusung oleh kedua kamera ini memiliki 61-titik fokus yang setara dengan EOS 5D Mark III dan EOS 1DX. Sistem AF yang ditanam mampu dengan cepat memfokus objek yang diinginkan dan dapat menyesuaikan secara otomatis. Sistem EOS iTR (Intelligent Tracking and Recognition), kamera tetap dapat memfokus objek yang bergerak. Tak kalah menariknya, kedua kamera ini dilengkapi sistem AE terbaru yang mengusung 150.000 piksel RGB + Sensor Metering IR,sehingga pengukuran metering menjadi lebih akurat.

Mudah Digunakan

Untuk memenuhi kebutuhan fotografer yang beragam, tersedia tampilan Custom Quick Control yang unik di dalam EOS 5DS dan EOS 5DSR. Tampilan layar Custom Quick Control memudahkan pengguna untuk mengakses pengaturan kamera sesuai dengan yang diinginkan. Pengaturan seperti aperture, shutter speed, shooting mode dan focus mode dapat diaktifkan dan dinonaktifkan untuk menampilkan informasi yang berguna pada layar LCD. Bahkan layout tampilannya pun dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai tambahan, fitur Timelapse Movie telah ditanamkan ke dalam EOS 5DS & EOS 5DSR untuk mengabadikan pemotretan timelapse yang dapat secara otomatis disatukan menjadi sebuah film. Jarak Exposure dapat diatur dari 1 detik hingga 99 jam, dengan jangkauan Exposure mulai dari 2 hingga 3600. Dengan fungsi tersebut, fotografer dapat mudah mengabadikan tanaman yang sedang tumbuh, awan yang bergerak serta kerumunan orang dalam bentuk video timelapse.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah kehadiran Crop Shooting. Fitur tersebut menawarkan kemudahan fotografer yang menggunakan kedua seri terbaru ini untuk memilih ukuran sensor setara ukuran sensor gambar APS-C (Cropping 1,3x) atau APS-H (Cropping 1,6x), tidak akan mengubah detail maupun ketajaman hasil foto karena tetap terjaga dengan resolusi tinggi yang mencapai 30,5 megapiksel maupun 19,6 megapiksel.

Mendekati Kamera Medium Format

Berkat kemampuannya yang memiliki resolusi sangat tinggi, EOS 5DS dan EOS 5DSR mampu menghasilkan kualitas foto yang mendekati kamera medium format, dengan berbagai keunggulan yang lebih menonjol dibandingkan dengan medium format. Kedua kamera terbaru ini  memiliki kemampuan serbaguna, khususnya dengan kehadiran AF yang superior dan kemampuan memotret secara kontinu mampu membuat keduanya beradaptasi dengan cepat untuk mengabadikan objek yang bergerak maupun landscape. Sebagai tambahan, berkat tersedianya jajaran lensa EF Canon, fotografer yang menggunakan EOS 5DS dan EOS 5DSR dapat menikmati beragam pemotretan dengan berbagai perspektif yang berbeda-beda.

"EOS 5DS dan EOS 5DSR ini sangat tepat untuk fotografi yang mengidamkan kamera dengan resolusi tinggi setara Medium Format dalam fleksibilitas dan kecepatan AF DSLR," ujar Merry Harun, Canon Division Director, pt. Datascrip.

Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, memasarkan:

Canon EOS 5DS   dengan harga Rp 55.000.000,-

Canon EOS 5DSR dengan harga Rp 58.000.000,-

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: