Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yongki Komaladi Ingin Tembus Pasar Tiongkok

Warta Ekonomi -

WE Online, Beijing - Perancang sepatu Yongki Komaladi mengatakan ingin menembus pasar Tiongkok untuk produk-produk sepatu rancangannya di waktu mendatang.

"Susah-susah gampang kalau masuk pasar Tiongkok, karena penguasaan produk mereka juga sangat kuat di dalam negerinya," katanya, dalam obrolan di Beijing, Selasa (2/6/2015).

Ia menambahkan, "Tiongkok juga sangat masiv dan massal dalam memproduksi termasuk untuk barang konsumsi, harganya juga kompetitif. Tapi memang pangsa pasarnya besar, dan suatu saat ingin bisa masuk pasar Tiongkok,".

Yongki mengungkapkan dirinya telah beberapa kali mengunjungi Tiongkok, selain mengikuti beberapa pameran dagang/kompetisi, sekaligus menggali peluang pasar Negeri Panda bagi produknya.

Merek "Yongki Komaladi" sudah setahun menembus pasar Thailand dan Vietnam. "Peluang disana cukup menjanjikan. Dan saya yakin dengan akan terus berkembang," tutur pria kelahiran 8 Agustus tersebut. Yongki mengatakan keunggulan Indonesia dengan aneka ragam budayanya, bisa menjadi insipirasi bagi setiap inovasi rancangan produk kreatif yang dihasilkan, tidak hanya untuk tekstil dan produk tekstil, tetapi juga sepatu.

"Dengan inovasi rancangan dan orisinalitas rancangan yang antara lain bersumber dari keragaman budaya Indonesia, maka produk konsumsi, produk kreatif Indonesia akan mampu menembus pasar global, termasuk pasar Tiongkok, dengan tetap memperhatikan selera pasar yang berkembang," ujarnya.

Terkait itu, Yongki senantiasa menekankan inovasi, orisinalitas rancangan kepada sekitar 80 usaha kecil menengah binaannya. "Dengan tetap memelihara dan meningkatkan pasar di dalam negeri, saya juga ingin membuat mereka lebih bisa berkarya untuk pasar global," katanya.

"Produk-produk Indonesia, tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Harusnya kita bangga dengan produk kita," kata Yongki menambahkan.

Berdasar kantor Bea dan Cukai Tiongkok, impor barang konsumsi dari Indonesia cenderung mengalami peningkatan termasuk untuk produk sepatu dan alas kaki, dengan tetap didominasi sepatu olah raga dan sneakers.

Impor sepatu olahraga dan sneakers dari Indonesia ke Tiongkok pada triwulan pertama 2015 mencapai 527.415 dolar AS atau rata-rata naik sekitar 4,24 persen dari triwulan pertama 2013 sebesar 374.574 dolar AS. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: