Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Bali Dorong Penggunaan Uang Elektronik

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendorong penggunaan uang elektronik (unik) sebagai salah satu alat pembayaran non-tunai yang dinilai jauh lebih mudah dan sederhana.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dewi Setyowati di Denpasar, Selasa (2/6/2015), menjelaskan bahwa penggunaan uang elektronik di Pulau Dewata diharapkan dapat menjadi yang terdepan dalam menularkan tren penggunaan non-tunai di Tanah Air.

"Bank Indonesia dengan menggandeng bank-bank penerbit uang elektronik akan terus melanjutkan sosialisasi Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) di titik-titik lokasi kampus dan mengadakan pekan belanja non-tunai di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Denpasar dan sekitarnya," ucapnya.

Dewi memaparkan bahwa transaksi menggunakan uang elektronik dinilai lebih cepat, tanpa biaya transaksi (administrasi), lebih praktis karena tidak perlu repot membawa uang banyak karena dengan satu kartu sudah bisa berbelanja segala macam keperluan dengan batas maksimal transaksi sebesar Rp1 juta.

Selain itu, Unik dinilai lebih aman sehingga terhindar dari risiko mendapatkan uang palsu, mudah untuk cek dan pengisian ulang saldo yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa lewat Anjungan tunai mandiri (ATM) maupun langsung di toko yang telah bekerja sama dengan bank penerbit dengan pengisian maksimum Rp1 juta.

Unik juga tidak mengenal batas transaksi dan dapat digunakan siapa saja baik oleh pemiliknya maupun pengguna lain karena tanpa menggunakan nomor PIN. "Kartu ini bahkan bisa juga untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon bahkan untuk membeli tiket kereta 'commuter line'," imbuhnya. Saat ini tiga bank yang merupakan Badan Usaha Milik Negara sudah memiliki "e-money". (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: