Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

New Cities Foundation Luncurkan 'Connected Mobility Initiative'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - New Cities Foundation meluncurkan Connected Mobility Initiative yang didukung sepenuhnya oleh Toyota Mobility Foundation untuk memenuhi kebutuhan kotakota metropolitan di seluruh dunia dalam rangka mendorong mobilitas masyarakat yang efisien dan layak. Inisiatif tersebut akan menghasilkan sejumlah rekomendasi yang disediakan untuk seluruh kota-kota di dunia. New Cities Foundation telah menunjuk pakar mobilitas, Greg Lindsay sebagai Senior Fellow untuk memimpin inisiatif tersebut selama periode 2015-2016.

Mobilitas perkotaan dunia berevolusi dengan sangat cepat. Satu juta orang berpindah ke wilayah perkotaan setiap minggu. Perubahan tersebut juga didorong oleh berbagai faktor, di antaranya inovasi teknologi, meningkatnya kesulitan dalam penggunaan energi, perubahan struktur ekonomi perkotaan yang signifikan, pergeseran gaya hidup, dan ide-ide baru mengenai desain perkotaan.

Sistem transportasi perkotaan yang tidak memadai dan sudah tua memiliki dampak negatif di bidang sosial dan ekonomi. Salah satu contohnya adalah kondisi ekonomi lokal Rio de Janeiro dan Sao Paulo yang kehilangan hampir US$ 50 miliar setiap tahun dari kemacetan lalu lintas.1 Di Amerika Serikat, 42% dari sistem utama jalan raya perkotaan tetap padat,
yang memberikan dampak pada kondisi ekonomi bangsa yang diperkirakan sebesar US$ 101 miliar setiap tahunnya.

Selain itu, hanya 1,5% dari penduduk Dallas menggunakan Transportasi umum untuk pergi bekerja, jauh lebih sedikit dari penggunaan oleh penduduk New York dan penduduk Singapura yang masing-masing 30% dan 62%. Connected Mobility Initiative ini akan meluncurkan sebuah laporan berisi informasi penting dan rekomendasi untuk masa depan mobilitas bagi pengambil kebijakan, baik di sektor swasta maupun publik di berbagai negara dunia. Fokus yang kuat akan diberikan terhadap pengembangan inovasi di sektor publik terkait transportasi, dengan tujuan berbagi ilmu dengan para pekerja di sektor publik, vendor teknologi, serta penduduk kota. Laporan ini akan mengevaluasi tren di bidang mobilitas personal, dengan fokus pada penduduk lanjut usia dan orang-orang dengan disabilitas. 

Greg Lindsay merupakan senior fellow non-residen di Strategic Foresight Initiative dari Atlantic Council. Ia juga menjadi kontributor penulis bagi Fast Company, salah satu penulis Aerotropolis: The Way We’ll Live Next, dosen luar biasa di Rudin Center for Transportation Policy & Management, New York University, sekaligus menjadi senior fellow di World policy Institute. Tulisannya telah dimuat di berbagai media, termasuk di The New York Times, The Wall Street Journal, Bloomberg BusinessWeek, dan Fortune.

Selama 12 bulan ke depan, Lindsay akan berbagi wawasannya mengenai masa depan mobilitas perkotaan di acara-acara global New Cities Foundation termasuk New Cities Summit di Jakarta (9-11 Juni 2015) dan Cities on the Move, sebuah acara lintas sektor di London (14 Oktober 14 2015), serta berbagai acara lain yang digelar organisasi terkemuka lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: