Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penurunan Kredit Belum Signifikan Dorong Pertumbuhan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi mengatakan penurunan rasio kredit atau "loan to value" belum signifikan mendorong pertumbuhan kredit saat ini karena terkendala suku bunga acuan bank sentral masih tinggi.

"Saya sih melihat positif, lumayan. Tapi tidak akan langsung tiba-tiba membuat pertumbuhan kredit naik tajam gitu ya. Karena bagaimana pun juga 'demand' (permintaan) untuk kredit kan bergantung pada si yang mau pinjam juga," katanya dalam acara Buka Puasa Bersama Standard Chartered Bank dan Diskusi Panel "Tantangan dan Peluang dalam Mengembangkan Sektor Perusahaan Menengah di Indonesia", Hotel Mulia, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Ia mengatakan perlu juga melihat faktor daya beli masyarakat saat ini. Jika daya beli masyarakat turun, maka mereka akan memprioritaskan konsumsi untuk kebutuhan primer.

Ia mengatakan daya beli masyarakat juga terkendala dengan suku bunga pinjaman yang masih tinggi yakni 7,5 persen.

"Walaupun ada DP-nya ('down payment'/DP) atau uang muka diturunkan, tapi kalau suku bunga kreditnya masih tinggi, belum tentu orang mau pinjam kan, kan harus dilihat itu juga," ujarnya.

Ia mengatakan pelonggaran rasio kredit akan berdampak baik ke depannya, namun tidak secara otomatis mendorong pertumbuhan kredit yang signifikan melainkan secara perlahan seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi.

"Tapi saya sih melihatnya cukup positif, cuma jangan ekspektasi tiba-tiba langsung berubah (pertumbuhan) kreditnya naik tajam," tuturnya.

Meskipun tidak menunjukkan pertumbuhan kredit secara tajam dalam waktu singkat, ia mengatakan penurunan rasio kredit tersebut merupakan kebijakan yang positif untuk mendorong konsumsi masyarakat.

"Kalau percuma atau mubazir sih tidak, tidaklah. Tetap saja nanti kalau ekonominya mulai membaik, dengan aturan yang begini, itu pertumbuhan kredit itu bisa akan meningkat," katanya.

Ia mengatakan jika ke depan pendapatan masyarakat lebih baik maka daya beli mereka akan semakin meningkat yang didukung dengan penurunan rasio kredit.

"Coba sekarang, misalkan 'income' (pendapatan) masyarakat tahun depan sudah mulai lebih baik, 'purchasing power'-nya (daya beli) mulai baik, dengan DP yang 30 persen sama yang 20 persen, tentu akan lebih yang 20 persen yang terlihat atau menggeliat kan," ujarnya.

Ia memprediksi pertumbuhan kredit pada tahun ini mencapai 12-13 persen. "Kami sih taruh di sekitar 12-13 persen lah ya. Masih ada harapan lah," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: