Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Minta TNI/Polri Tidak Impor Kapal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan permintaannya kepada lembaga baik di TNI maupun Polri,  Kementerian Perhubungan, Kementerian KKP, Kementerian BUMN, untuk membeli kapal buatan industri galangan kapal dalam negeri.

"Jangan ada lagi yang beli kapal ke luar. Dan ingin saya mendorong agar industri-industri galangan kapal, industri-industri kita ini mau bekerjasama dengan investor. Ini juga untuk mempercepat agar kita tidak hanya mampu menggarap pasar domestik tetapi juga mampu menggarap pasar-pasar ekspor," kata Presiden Jokowi dalam pengantar rapat kabinet terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/6).

Ratas yang membahas  industri galangan kapal dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menko Maritim Indroyono Soesilo, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

Hadir pula Menteri PPN/Bappenas Andrinof Chaniago, Seskab Andi Widjajanto, dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan serta Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Presiden Jokowi mengatakan, rapat ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya ke Batam beberapa waktu lalu. Di mana diketahui ada 105 industri galangan kapal berada di sana.

"Minggu yang lalu saya datang ke Batam dan sudah bertemu dengan Gubernur, dan pelaku industri galangan kapal. Terbuka mata saya bahwa ternyata sekarang kita memiliki kurang lebih 250 industri galangan kapal, yang ada di batam kurang lebih 105," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi melihat ada potensi industri ini dikembangkan lebih lanjut di dalam negeri. Karena bisa memproduksi berbagai jenis kapal.

"Yang saya lihat di sana produksi kapal besar sebesar 17.500 GWT itu mampu dikerjakan. Baik berupa kapal tanker, kargo, kapal penumpang, feri, dan semua mampu dikerjakan," kata Presiden Jokowi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: