Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRTI Uji Layanan Jaringan di Kereta Api

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia memberangkatan tim "drive test" untuk memastikan kualitas pelayanan suara, kirim pesan, dan data dari jaringan selular operator di jalur kereta api menghadapi Lebaran 2015.

Tim tersebut dilepas langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Kalamullah Ramli yang juga Ketua Komisioner BRTI dan Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashirudin dari Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa, (30/6/2015) pukul 08.00 WIB.

Tim akan menggunakan kereta api dari Gambir menuju Pasar Turi, Surabaya. Kemudian pulang dari Surabaya menuju Bandung, dan kemudian dari Bandung kembali ke Jakarta.

"Tim akan menguji layanan baik dari sms, data maupun suara di sepanjang jalur kereta api dan juga di stasiun-stasiun persinggahan," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kalamullah Ramli di Gambir.

Drive test merupakan pengukuran layanan panggilan, SMS dan layanan data sepanjang rute perjalanan mudik, baik jangkauan maupun kualitasnya. Uji petik untuk layanan jaringan di jalur kereta api ini merupakan kelanjutan dari drive test sebelumnya yang dilakukan lewat jalur mudik untuk angkutan jalan raya yang diberangkatkan pada 24 Juni lalu. Rencananya setelah memastikan jaringan di wilayah Jawa, tim akan bergerak untuk uji petik 13 daerah di Sulawesi.

Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashirudin dalam kesempatan itu mengatakan, dalam uji petik drive test melalui angkutan jalan raya, secara umum kualitas jaringan dan jangkaunnya cukup baik, terutama untuk jaringan 2G. Termasuk, menurut dia, di daerah tol baru seperti tol Cipali.

Untuk penyeberangan dengan kapal veri, menurut dia, jangkauan dan kualitas cukup merata di Selat Bali, Ketapang-Gilimanuk. Sementara di Selat Sunda, Merak-Bakauheni, di tengah-tengahnya masih terdapat blank spot. "Rencananya para operator akan menambah kombat, untuk memperkuat sinyal," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: