Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil UKM Klaten Tembus Pasar Turki

Warta Ekonomi -

WE Online, Klaten - Hasil kerajinan dari bahan baku limbah kayu mahoni dan sonokeling yang dibuat usaha kecil dan menengah di Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jateng menembus pasar Turki dan Iran.

Koordinator UKM tersebut, Widodo di Klaten, Selasa (30/6/2015) mengatakan, hasil industri kreatif yang diekspor ke Turki dan Iran itu berupa miniatur seperti mobil klasik, sepeda motor, kereta api, pesawat, dan kapal. Ia mengatakan, usaha ini dirintis sejak tahun 1997 dan sekarang sudah bisa ekspor ke Turki dan Iran.

"Ya ekspor kami memang masih kecil ke Turki nilainya hanya Rp150 juta dan Iran Rp60 juta per bulan," kata Widodo, pemilik Shely Handycraft.

Dikatakan untuk kapasitas produksi sekarang ini kurang lebih ada 10.000 unit produk setiap bulannya, mempekerjakan sebanyak 30 orang karyawan. Menyinggung mengenai masalah bahan baku, ia mengatakan, tidak ada masalah dengan menggunakan kayu mahoni dan sonokeling yang merupakan limbah mebel yang memiliki nilai ekonomis rendah.

Ia mengatakan, di daerah Klaten sendiri terdapat banyak perusahaan mebel yang menghasilkan limbah kayu sisa yang masih dapat dimanfaatkan untuk menambah nilai ekonomi dari limbah kayu tersebut. Hasil kerajinan tangan warga Brangkal selain diekspor juga dipasarkan di dalam negeri seperti Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Untuk harganya dari Rp5 ribu sampai Rp100 ribu per unit.

Widodo mengatakan, untuk menggalakkan pemasaran sekarang ini UKM yang ada di Brangkal ini juga melakukan kerja sama dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) khususnya dalam pemasaran dan mengenai desain produk hasil kerajinan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: