Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Ribu Hektar Lahan di Cirebon Berpotensi Kekeringan

Warta Ekonomi -

WE Online, Cirebon, Jawa Barat - Sebanyak 3.232 hektare lahan sawah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berpotensi mengalami kekeringan karena daerah tersebut dekat dengan pantai dan sedimentasinya cukup tinggi.

"Dari area seluas 53.368 ribu hektare, dan luas tanam 90.020 hektare, hingga Juni ini ada seluas 3.232 hektare lahan yang terancam kekeringan," kata Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra pada saat menerima kunjungan Menteri Pertanian di Kabupaten Cirebon, Selasa (30/6/2015).

Dia mengatakan seluas 90 hektare lahan di berbagai kecamatan Gempol, Ciwaringin, Babakan, Losari, Sedong, Talung, Beber dan lainnya, pada bulan ini telah mengalami kekeringan.

Kondisi yang terus terjadi setiap tahun tersebut telah mendapat perhatian pemerintah pusat dengan memberikan pompa air sebanyak 112 unit kepada pemerintah daerah untuk disalurkan kepada 177 kelompok tani. Namun demikian, dia berharap ada upaya jangka panjang dari pemerintah pusat untuk mengatasi masalah tersebut seperti bantuan pembuatan Waduk Cipanundan di Karangwareng serta normalisasi sodetan di Kalimalang.

"Dengan adanya waduk dan normalisasi sodetan tersebut dapat membantu lima ribu hektar sawah terairi sehingga tidak kering " kata dia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah memberikan bantuan berupa pompa air dan pembuatan waduk kecil. Selain itu, pertambahan area tanam seluas 400 ribu hektar di seluruh Indonesia.

Menurut dia, Indonesia tidak perlu khawatir akan kekeringan tersebut, karena stok beras nasional saat ini mencapai 4,1 juta ton, yang artinya stok beras selama enam bulan kedepan telah tercukupi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: