Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Legislator Harap Program KKP Sejahterakan Nelayan

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Legislator berharap program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bersentuhan langsung dengan kalangan nelayan agar kesejahteraan mereka dapat meningkat.

"Yang penting menurut saya adalah program kerja KKP itu berkaitan dengan kesejahteraan nelayan," kata anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Riyono di Semarang, Selasa (30/6/2015).

Ia menilai pengembangan "technopark" atau taman teknologi di berbagai daerah di Indonesia seperti yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu tidak efektif dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"'Technopark' itu tidak penting bagi nelayan karena yang terpenting bagi mereka bisa melaut setiap hari agar mendapat ikan guna menghidupi keluarganya masing-masing," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Menurut Riyono, ada hal penting yang perlu dipikirkan oleh Menteri Susi Pudjiastuti selain pengembangan "technopark", yaitu solusi dari pelarangan alat tangkap ikan berupa cantrang yang dikhawatirkan pemerintah dapat merusak lingkungan.

"Hingga saat ini belum ada solusinya (pelarangan cantrang, red) sehingga memberatkan kalangan nelayan, terutama nelayan kecil," katanya.

Seperti diwartakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan peluncuran pengembangan 24 "technopark" atau taman teknologi di berbagai daerah di Tanah Air pada 2014-2019 sebagai wujud pelaksanaan konsep Nawacita selama lima tahun secara bertahap.

Menteri Susi berpendapat pembangunan taman teknologi itu juga selaras dalam rangka mencetak SDM kompeten serta mengembangkan inkubator bisnis di sektor kelautan dan perikanan. Empat taman teknologi yang dibangun pada 2015 bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Tegal, Banyuwangi, Aertembaga, dan Ambon. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: