Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aher Kukuhkan Forum Perikanan Tingkatkan Konsumsi Ikan di Jabar

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Jawa Barat yang diketuai oleh Netty Prasetyani Heryawan di Aula Gedung Sate Bandung, Selasa (30/6/2015).

Pengukuhan itu dihadiri oleh pejabat pada Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sadullah Muhdi.

Dalam sambutan Sadullah Muhdi mengatakan selama ini tingkat konsumsi ikan di Jawa Barat, khususnya ikan tawar sudah tinggi sehingga diharapkan dengan dikukuhkannya forum ini maka tingkat konsumsi ikan di Jawa Barat bisa lebih meningkat lagi.

"Tingkat konsumsi ikan kita di ASEAN masih rendah. Malaysia sudah 55 kg per kapita per tahun, Indonesia hanya 33 kg per kapita per tahun. Dan Jawa Barat sekitar itu (33 kg per kapita per tahun)," kata Sadullah.

Selain itu, lanjut dia, ketersedian ikan di Provinsi Jawa Barat juga sudah bagus, namun dibutuhkan gerakan untuk mendorong konsumsi ikan bagi masyarakatnya.

"Terlebih sekarang ini ada ancaman konsumsi ikan di kalangan anak muda kita yakni dengan masuknya pola makan burger atau makanan cepat saji lainnya dari jenis daging ayam. Ini harus kita lawan dengan gerakan makan ikan. Bagaimana menggerakan anak-anak kita agar makan burger ikan nila," kata dia.

Menurut dia, komposisi protein dalam ikan bisa menentukan tingkat kecerdasan (IQ) anak sehingga anak-anak harus didorong untuk gemar makan ikan.

"Tingkat IQ kita (Indonesia) ternyata masih kalah sama Laos dan Kamboja. Dan ikan itu sumber protein yang mencerdaskan," kata dia.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membenarkan bahwa tingkat konsumsi ikan Indonesia, termasuk Jawa Barat masih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Tentu persoalannya bukan seberapa banyak ikan yang kita miliki karena ikannya banyak baik ikan tawar ataupun laut," kata dia.

Dikatakan dia, persoalan konsumsi ikan terletak pada pola konsumsi masyarakat selama ini yang belum berorientasi pada pemenuhan zat gizinya.

"Sehingga kita perlu melakukan sosialisasi betapa pentingnya pemenuhan zat gizi khususnya protein hewani dari ikan. Dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Jawa Barat diharapkan bisa mengatasi persoalan ini," kata Aher. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: