Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aher Sajikan Makanan Prasmanan Serba Ikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menyajikan menu makanan prasmanan bertemakan ikan sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan bagi warganya.

"Harus begitu, harus dibangun seperti itu supaya kesadaran konsumsi ikan semakin tinggi. Nanti juga kita pesan ke katering perbanyak ikan daripada daging," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, usai pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Selasa (30/6/2015).

Penyajikan prasmanan bertema ikan tersebut, kata Aher, akan dilakukan secepatnya dan bisa dimulai dengan penyajian katering untuk acara-acara di Gedung Sate Bandung.

"Yang paling mudah itu dimulai dari sini (Gedung Sate) mudah-mudahan dinas-dinas atau OPD yang lain bisa menyontohnya ke depan. Mungkin nanti ketika ada buka puasa bareng bisa juga," kata dia.

Menurut dia, sajian prasmanan bertema ikan akan menempatkan makanan ikan di barisan paling depan, kemudian sayur, lalu daging ayam/sapi baru nasi.

"Kalau biasanya prasmanan itu menunya nasi dulu, kemudian daging, lalu ikan dan sayurannya setelah itu. Tapi kalau nanti akan dibalik ikan yang lebih dulu disajikan nasi terakhir," kata dia.

Pihaknya membenarkan bahwa tingkat konsumsi ikan Indonesia, termasuk Jawa Barat masih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Tentu persoalannya bukan seberapa banyak ikan yang kita miliki karena ikannya banyak baik ikan tawar ataupun laut," kata dia.

Dikatakan dia, persoalan konsumsi ikan terletak pada pola konsumsi masyarakat selama ini yang belum berorientasi pada pemenuhan zat gizinya.

"Sehingga kita perlu melakukan sosialisasi betapa pentingnya pemenuhan zat gizi khususnya protein hewani dari ikan. Dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Jawa Barat diharapkan bisa mengatasi persoalan ini," kata Aher. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: