Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor Ikan Sulsel Tembus Pasar Jeddah

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Ekspor komoditas Ikan Tenggiri dan Ikan Laccukang (Kakak Tua Putih) telah mampu menembus pasar Jeddah, Arab Saudi.

"Sejak April lalu, kami telah mengirimkan Ikan Tenggiri dan Ikan Laccukang ke Jeddah dengan frekuensi pengiriman hingga tiga kali seminggu," kata Kepala Cabang PT. Suryagita Nusaraya S.N Kargo Makassar Dian Aksa di Makassar, Selasa (30/6/2015).

S. N Kargo, kata dia, selama ini telah membantu membuka pasar untuk komoditas Sulsel di luar negeri. "Pasar Jeddah menyukai ikan Sulsel yang segar," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa setiap kali pengiriman, pihaknya bisa mengekspor hingga 5 ton berat bersih komoditas ikan tersebut. Ini berarti dalam sebulan, pihaknya dapat mengirimkan hingga 60 ton ikan ke Jeddah.

"Bulan Ramadhan ini memang volumenya berkurang hingga sekitar 2 ton per pengiriman, selain karena permintaan sedikit berkurang, nelayan juga jarang yang melaut," katanya.

Selain ikan, ia mengatakan Sulsel masih memiliki berbagai komoditas ekspor andalan lain yang dikirim via kargo udara, diantaranya kulit ular dan buah markisa. Menurut Dian, Sulsel sebenarnya memiliki potensi ekspor via udara yang sangat besar, hanya saja data ekspor tersebut tidak dimiliki oleh Disperindag karena beberapa komoditi dikirim tanpa COO (Certificate of Origin).

"Beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, tidak mewajibkan COO sehingga datanya tidak masuk ke Disperindag," katanya.

Dian menyarankan Pemprov Sulsel juga mengoptimalkan ekspor via udara karena membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk sampai ke negara tujuan. "Selama ini pemerintah cenderung fokus pada ekspor melalui pelabuhan padahal juga ada peluang besar melalui bandara," tutupnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: