Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan Diminta Bantu Normalisasi Sodetan Kalimalang

Warta Ekonomi -

WE Online, Cirebon, Jawa Barat - Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra meminta pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian untuk membantu normalisasi sodetan Kalimalang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dalam mengatasi masalah lahan sawah yang mengering pada musim kemarau.

"Kami berharap ada upaya jangka panjang dari pemerintah pusat untuk mengatasi masalah tersebut seperti bantuan pembuatan Waduk Cipanundan di Karangwareng serta normalisasi sodetan di Kalimalang," kata Sunjaya pada saat kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Cirebon, Selasa (30/6/2015).

Sodetan Kalimalang Cirebon yang terbentang sepanjang kilometer itu digunakan untuk mengairi 1.200 hektare sawah. Pada awalnya sodetan itu berkedalaman empat meter, namun kini tinggal semeter, jika sodetan itu telah dinormalkan, maka kapasitas pengairannya bertambah lima ribu hektare.

Menteri Andi Amran Sulaiman mengatakan membangun sodetan untuk menampung air hujan tersebut telah direncanakan bersama komisi IV DPR RI.

"Membangun sodetan telah kami rencanakan, nantinya sodetan dapat menampung air hujan dan dapat dipakai mengairi sawah hingga 10-20 tahun ke depan," kata dia.

Untuk jangka pendek, pemerintah telah memberikan bantuan pompa air kepada Kabupaten Cirebon, saat ini totalnya ada 380 unit pompa air dengan kapasitas kecil dan sedang. Diperkirakan sebanyak 3.232 hektare lahan sawah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berpotensi mengalami kekeringan karena daerah tersebut dekat dengan pantai dan sedimentasinya cukup tinggi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: