Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Kabin, Sutiyoso Janji Akan Pelit Bicara

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso merasa bersyukur lantaran dalam proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dirinya berhasil dalam meyakinkan 10 fraksi yang ada di Komisi I DPR.

Pria yang akrab disapa Bang Yos itu mengaku bahwa ke depan dirinya akan membuat perubahan di tubuh BIN dengan cara membuka ruang yang luas bagi masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam kerja-kerja intelijen.

"Tidak ada kata lain, kecuali alhamdulillah. Ke depan saya akan membuat BIN itu lebih terbuka. Artinya, masyarakat bisa berpartisipasi. rakyat tidak perlu melihat BIN itu seperti momok yang menakutkan, tidak. Bin punya kita semua," kata Sutiyoso usai menjalani fit and proper test di Gedung Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku dirinya belum mengetahui masalah internal di tubuh BIN baik dari segi kualitas menyangkut kerja teknis intelijen maupun kuantitas personel intelijen negara.

"Saya perlu waktu untuk melihat keadaan yang di dalam itu, apakah organisasi BIN yang ada sekarang ini sudah cukup mengakomodasi semua kepentingan tugas dan fungsi BIN, yaitu tugas penyelidikan, pelelangan, pengamanan, dan apakah personel-personel di dalamnya baik dari jumlahnya sudah cukup ataupun kualitasnya memadai itu semua tentu akan saya lihat," tandasnya.

Saat ditanya tentang sikap personal kesehariannya jika kelak dia sudah resmi menyandang sebagai Kabin, Sutiyoso mengaku akan irit bicara dan tidak terlalu agresif untuk tampil di media.

"Ke depan tentu karena pekerjaan intelijen, pekerjaan yang menggunakan asas kerahasiaan sehingga harap memahami ke depan kalau ketemu saya, saya jadi pelit bicara. Jadi Anda (wartawan) mengerti saja. Tapi, kalau bicara lain bukan intelijen pasti saya akan jawab," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: