Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKI Siapkan 7.923 Angkutan Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 7.923 unit angkutan lebaran untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik lebaran tahun ini.

Menurut Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Emmanuel Kristanto, 7.923 angkutan lebaran tersebut terdiri atas 2.469 bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) DKI dan 5.454 bus AKAP non-DKI. Selain itu, terdapat pula sebanyak 490 unit bus bantuan terdiri dari 275 bus pariwisata dan 215 bus kota.

"Dari hasil rapat koordinasi bersama dengan operator bus dan instansi terkait, kesiapan sarana angkutan lebaran pada tahun ini telah mencapai seratus persen," kata Emmanuel.

Istansi terkait yang telah melakukan rapat koordinasi tersebut adalah DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda), Ditjen Perhubungan Darat, internal Dishubtrans seperti UPT Terminal, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor‎ (PKB), serta Kepala Suku Dishubtrans di lima wilayah.

Ia menjelaskan 5.454 unit angkutan bus AKAP non-DKI disediakan oleh Ditjen Perhubungan Darat. Sementara untuk 2.469 unit bus AKAP DKI yang siap dioperasikan sebagai angkutan lebaran ini berasal dari 41 Perusahaan Otobus (PO). Masing masing‎ PO itu menyiapkan tiga sampai dengan 517 unit armadanya untuk angkutan lebaran.

"Tahun ini jumlah angkutan lebaran bus AKAP mengalami peningkatan dari tahun lalu yang berjumlah 2. 389 unit dan tahun ini menjadi 2.469 unit," katanya.

Selain itu, sebanyak 12 terminal bus juga dipersiapkan untuk angkutan lebaran tahun ini. Tiga terminal menjadi terminal utama, yakni Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gadung. Sembilan terminal bantuan, yakni Terminal Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun, dan Pulogebang.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: