Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Akan Tinjau Persiapan Tol Cipali

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Untuk memastikan kesiapan infrastruktur selama penyelenggaraan arus mudik dan balik  lebaran 2015, Komisi V DPR berencana akan meninjau kesiapan infrastruktur jalan, terminal, dan dermaga pada tanggal 2-3 Juli 2015 mendatang.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia mengatakan kesiapan Tol Cipali menjadi prioritas Komisi V untuk ditinjau. Mengingat sejak dibuka pada pertengahan Juni lalu, ruas tol ini sudah menelan korban jiwa. Bahkan, DPR meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melakukan audit teknis terkait keselamatan di Tol Cipali.

"Komisi V akan meninjau kesiapan Tol Cipali pada Kamis (2 Juli 2015). Kami ingin memastikan ketika mudik lebaran nanti tol ini sudah siap dan memenuhi aspek keselamatan. Tidak hanya secara teknis jalan, tapi juga kelengkapan fasilitas pendukungnya seperti sarana penerangan, rambu lalu lintas, dan kawasan istirahat," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/6/2015).

Seperti diketahui, sejak dibuka 13 Juni lalu tercatat sudah lebih dari 30 kasus kecelakaan kendaraan yang mengakibatkan korban tewas dan luka di Tol Cipali. Fasilitas di tol sepanjang 116 km ini juga belum sepenuhnya ada. Rambu-rambu dan lampu penerangan masih minim dan sejumlah rest area belum selesai dikerjakan.

Padahal, arus kendaraan di jalur Tol Cipali ini terus mengalami peningkatan. Akibatnya, tak hanya kemacetan, kecelakaan pun terjadi. Kondisi alas jalan yang bervariasi dari aspal ke concrete (beton) juga dapat membuat kerja ban lebih berat jika dipacu dengan kecepatan tinggi dan udara panas sehingga berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan.

Apalagi, slogan pemerintah Tol Cipali dapat dipacu hingga 140 km/jam sangat menyesatkan dan membahayakan pengguna jalan.

Selain Tol Cipali, Komisi V juga akan meninjau kesiapan infrastruktur jalan, terminal, dan dermaga yang akan mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik 2015. Rencananya, komisi yang membidangi infrastruktur dan transportasi ini akan meninjau kesiapan terminal Cirebon, jalan nasional di Semarang, dan dermaga penampungan sepeda motor di pelabuhan Tanjung Mas.

Untuk penyelenggaraan mudik kali ini, Komisi V DPR RI meminta Kementerian Perhubungan, Kemenpupera, dan semua jajaran pemerintahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama mudik lebaran dan berharap angka kecelakaan bisa ditekan sekecil mungkin.

Berdasarkan riset yang dihimpun Balitbang Kementerian Perhubungan, perkiraan jumlah penumpang pada musim mudik lebaran 2015 kurang lebih 20 juta penumpang. Adapun, kenaikan jumlah penumpang pada seluruh moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api sekitar 1-2 persen dibandingkan musim mudik lebaran tahun lalu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: