Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Persiapan Pelindo III Hadapi Lonjakan Pemudik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III memaparkan persiapan yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan pemudik Lebaran 2015, terutama untuk terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/7/2015), menyebutkan ada tiga persiapan terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, dalam menangani mudik melalui kapal laut pada tahun ini. Persiapan itu, dia menyebutkan yaitu tambatan kapal, terminal penumpang, sarana prasana pendukung, dan personel.

"Untuk tambatan kapal telah disiapkan sepanjang 500 meter di Terminal Jamrud Utara," katanya.

Tambatan sepanjang 500 meter itu, jelas dia, bisa menambatkan tiga hingga empat kapal penumpang secara bersamaan, sehingga lebih efektif. Di dermaga lain, Pelindo III juga telah menyiapkan tambatan lain sepanjang 120 meter di Terminal Jamrud Selatan dan 120 meter di Dermaga Kade Perak/Kapal Roro. Menurut Edi, tambatan tersebut khusus untuk kapal pengangkut kendaraan roll on-roll off (ro-ro).

"Jadi apabila dalam waktu bersamaan ada kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, maka bisa menambatkan lima hingga enam kapal penumpang sekaligus termasuk ro-ro," ungkapnya.

Kemudian untuk terminal penumpang, lanjut dia, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, tersedia tiga terminal penumpang, yaitu Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Terminal Jamrud Utara.

Terminal modern tersebut berkapasitas 4.000 penumpang dan dilengkapidengan "security check point" (titik pengecekan keamanan) "check in counter", eskalator, elevator (lift), ruang tunggu hingga fasilitas garbarata (jembatan penghubung antara terminal dengan kapal).

Selanjutnya, terminal penumpang sementara/eks-gudang 100 yang telah dimodifikasi menjadi terminal penumpang dengan luas 3.844 meter persegi dan dilengkapi pula dengan fasilitas peralatan "electronic detector". Kemudian, lanjut Edi, Terminal Penumpang Kapal Ro-Ro di Kade Perak, dengan luas 2.573 meter persegi.

Kemudian persiapan lain adalah sarana dan prasarana pendukung, di antaranya tenda untuk menampung luberan penumpang yang dimungkinkan akan membanjiri pelabuhan.

"Biasanya penumpang dari daerah memilih datang lebih awal di pelabuhan, karenanya kami antisipasi siapkan tenda agar lebih nyaman," katanya.

Sarana dan prasarana lain, jelas Edi, ialah posko terpadu mudik di terminal penumpang yang dikoordinasi oleh otoritas pelabuhan, dengan gabungan personel yang terdiri dari Syahbandar, operator kapal, TNI, dan Kepolisian.

Dia menyebutkan setidaknya sudah disiapkan 38 kapal penumpang yang terdiri dari 15 kapal dari PT Pelni dan 23 kapal sisanya dari operator kapal swasta.

Sedangkan estimasi penumpang pada tahun ini, Edi mengatakan pada arus mudik dan balik 2015 diperkirakan akan terjadi kenaikan lima persen dari jumlah penumpang pada tahun lalu atau setidaknya akan mencapai lebih dari 150 ribu orang penumpang.

"Dengan kota asal dan tujuan penumpang terbanyak di Pulau Kalimantan seperti Sampit, Banjarmasin, dan Balikpapan serta dari kota Makassar di Pulau Sulawesi," katanya.

Selain itu, Pelindo III juga menyiapkan Posko Lebaran di 13 terminal penumpang yang tersebar di tujuh provinsi wilayah kerjanya mulai H-15 hingga H+15 Lebaran 2015. Dia mengatakan posko-posko mudik lebaran untuk terminal penumpang kapal laut tersebut pada minggu ini sudah dipersiapkan.

"Posko mudik di masing-masing terminal penumpang tahun 2015 ini mulai melayani pemudik pada H-15, atau hari Jumat tanggal 2 Juli 2015 hingga H+15 atau hari Kamis tanggal 2 Agustus 2015," ujar Edi.

Mudik Gratis Selain itu, Pelindo III juga menggelar "Yuk Pulang Kampung! - Mudik Gratis Bareng Pelindo III" yang digagas oleh Kementerian BUMN dalam rangka program mudik gratis "Mudik Bareng BUMN".

Pelindo III menyediakan bus gratis di dua kota keberangkatan, yaitu PelabuhanTanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-1 hingga H-7 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1436 H atau tanggal 10 hingga 16 Juli 2015.

"Setidaknya ada 5.664 orang pemudik kapal laut Pelni yang naik dari Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Balikpapan di Kalimantan serta dari Pelabuhan Makassar di Sulawesi akan diantar langsung oleh Pelindo III sampai ke beberapa kota tujuan mudik di Jawa," kata Edi.

Untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, akan melayani lima rute ke sejumlah kota di Jawa Timur. Rute tersebut, yaitu Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Untuk Pulau Madura tersedia rute Sampang-Pamekasan-Sumenep. Kemudian untuk bus keberangakatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terdapat empat rute ke sejumlah kota di Jawa Tengah, di antaranya yaitu rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang.

Edi mengatakan seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: