Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Desak TNI Investigasi Kecelakaan Hercules

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais meminta TNI segera menginvestigasi insiden kecelakaan pesawat Hercules C-130 yang menewaskan 12 kru dan 113 warga sipil di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015).

"Kami harap investigasi dari internal TNI bisa cepat dilakukan maka apabila ada tindakan bisa segera dilakukan," katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Dia mengatakan apabila benar ada ketidaksesuaian prosedur terkait alutsista maka Komisi I DPR RI menyakini TNI memiliki mekanisme internal untuk investigasi dan mengusut oknum yang terlibat. Hanafi menjelaskan alutsista baik pesawat dan kapal apabila penggunaannya seharusnya untuk prajurit maka harus ditaati peruntukannnya tersebut.

"Apabila ada masyarakat sipil di sana, saya memahami bahwa pemerintah perlu perhatian lebih," katanya.

Dia menjelaskan pesawat Hercules merupakan jenis pesawat angkut artinya untuk droping barang dan perpindahan pasukan dan untuk prajurit. Menurut dia apabila ada tujuan khusus bahwa sipil ikut dalam pesawat itu maka itu ada pengecualian.

"Tapi di luar itu tidak diperkenankan membuat atau pakai alutsista untuk transportasi pribadi atau sipil," katanya.

Dia menegaskan Komisi I DPR RI memiliki wewenang untuk mengawasi proses investigasi tersebut agar berjalan transparan dengan pemantauan dalam prosesnya. Selain itu menurut dia, Komisi I DPR RI akan melakukan komunikasi intetensif dengan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara agar investigasi tersebut tidak salah sangka di publik.

Sebelumnya pesawat Hercules milik TNI AU yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015) siang, menimpa sebuah mobil Toyota Fortuner dan juga mengenai dua bangunan ruko yang sedang dibangun. Lokasi jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan A1310 itu berada di dekat Bandara Lanud Soewondo, bekas Bandara Polonia Medan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: