Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Priyo Budi: Bahasa Tubuh Presiden Akan Lakukan 'Reshuffle'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Politisi senior Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan, jika mencermati bahasa tubuh Presiden Joko Widodo, tampaknya ia akan segera melakukan "reshuffle" kabinet.

"Reshuffle kabinet itu adalah hak prerogatif presiden sehingga bisa kapan saja ia melakukannya. Saya menduga bisa saja reshuffle itu dilakukan setelah lebaran," kata Priyo, pada diskusi "Dampak Isu Reshuffle terhadap Dinamika Politik dan Ekonomi di Daerah" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Menurut dia, dari sinyal-sinyal yang muncul seperti bahasa tubuh Presiden, dirinya menduga Presiden akan segera melakukan "reshuffle" kabinet. Jika Presiden Joko Widodo jadi melakukan "reshuffle" kabinet, kata Priyo, dirinya akan memantau apakah Presiden dapat merekrut figur-figur terbaik yang dapat membantu pemerintahan.

"Jika pada hari-hari ke depan ini Presiden jadi melakukan reshuffle kabinet mohon dimaklumi. Reshuffle Ini atas kehendak alam untuk menyelamatkan kabinet pada pemerintahannya," kata Priyo.

Wakil Ketua DPR RI periode 2009-2014 ini menegaskan, Presiden Joko Widodo terpilih sebagai presiden karena diusung oleh partai politik pengusungnya dan dipilih oleh rakyat. Kalau Presiden melakukan konsultasi dengan ketua umum partai politik pengusungnya, kata dia, itu merupakan komunikasi politik yang harus terus dibangun.

"Saya melihat konsultasi yang dilakukan Presiden itu wajar sebagai masukan dari partai pengusung dan bukan menunjukkan Presiden tidak mandiri," katanya.

Kalau Presiden jadi melakukan "reshuffle" kabinet dan menempatkan politisi dari partai-partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) maka akan terjadi tradisi baru di eksekutif dan legislatif. Saat ini, kata dia, blok antara dua koalisi yakni KMP dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPR sudah semakin pudar. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: