Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Lebaran, Bandara Ngurah Rai Tambah 283 Penerbangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuta, Bali - Bandara I Gusti Ngurah Rai menambah 283 penerbangan dari delapan maskapai nasional dan internasional untuk melayani penumpang menyambut Lebaran 2015.

"Kami menerima 283 'extra flight' untuk melayani rute penerbangan domestik dan internasional," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo usai membuka Posko Monitoring Angkutan Lebaran di bandara setempat di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (2/7/2015).

Menurut dia, dari jumlah itu, 264 penerbangan merupakan angkutan domestik dan 19 merupakan penerbangan internasional dengan total tambahan kursi sebanyak 51.546 kursi. Ia merinci, penerbangan domestik itu di antaranya dilayani oleh maskapai Citilink sebanyak 77 penerbangan, Indonesia Air Asia ( 62), Nam Air ( 54), Sriwijaya Air (36), Garuda Indonesia (27) dan Lion Air (8).

Sebagian besar kota tujuan merupakan kota di Pulau Jawa di antaranya Jakarta sebanyak 158 kali, Surabaya (54), Yogyakarta (18), Solo (20), dan Bandung (14). Tak hanya rute domestik, libur panjang Lebaran dan libur sekolah kali ini juga menambah rute penerbagan untuk rute internasional yakni menuju Taipei, Taiwan sebanyak 11 tambahan penerbangan dan Hong Kong (8).

Trikora Harjo lebih lanjut mengungkapkan bahwa meski libur panjang serangkaian Lebaran dan libur sekolah, jumlah penerbangan tambahan itu menurun sekitar enam persen.

"Kami prediksi jumlah 'extra flight' menurun karena dipengaruhi kondisi ekonomi yang juga menurun," ucapnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Provinsi Bali memang tergolong unik untuk lalu lintas penerbagan udara saat Lebaran. Jika biasanya daerah lain di Tanah Air didominasi oleh arus mudik karena pulang ke kampung halaman, lain hal nya di Pulau Dewata yang lebih didominasi arus kedatangan yang sebagian besar merupakan wisatawan yang ingin berlibur di Bali. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: