Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: HPE Tambang Periode Juli Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Fluktuasi harga internasional mempengaruhi penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan Bea Keluar (BK) periode Juli 2015. Dibandingkan dengan penetapan HPE periode Juni 2015, sebagian besar produk mengalami penurunan. Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 43/M-DAG/PER/6/2015 tanggal 25 Juni 2015.

"HPE produk pertambangan kembali mengalami penurunan. Fluktuasi harga internasional menyebabkan turunnya HPE produk pertambangan hasil pengolahan. Hanya produk konsentrat bijih besi yang mengalami kenaikan tipis," jelas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Partogi Pangaribuan, di Jakarta, Selasa (2/7/2015).

Sejumlah produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenite, serta konsentrat titanium lainnya. Perhitungan harga dasar HPE untuk konsentrat besi dan mangan bersumber dari Asian Metal. Sedangkan konsentrat tembaga, konsentrat timbal, serta konsentrat seng bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Penurunan dialami sebagian besar produk. Konsentrat tembaga (Cu ≥ 15%) dengan harga rata-rata 1.637,88 USD/WMT atau turun sebesar 3,33%, konsentrat mangan (Mn ≥ 49%) dengan harga rata-rata 148,58 USD/WMT turun 2,87%, konsentrat timbal (Pb ≥ 57%) dengan harga rata-rata 784,11 USD/WMT turun 7,66%, dan konsentrat seng (Zn ≥ 52%) dengan harga rata-rata 514,32 USD/WMT turun 11,40%.

Sedangkan produk yang mengalami kenaikan dibandingkan HPE periode sebelumnya adalah konsentrat bijih besi (hematit, magnetit, dan pirit) berkadar Fe ≥ 62% dengan harga rata-rata 44,04 USD/WMT atau naik sebesar 8,94% dan konsentrat bijih besi (gutit/laterit) berkadar Fe ≥ 51% dan Al2O3 +SiO3 ≥ 10% dengan harga rata-rata 15,62 USD/WMT naik 6,93%. Sementara itu konsentrat ilmenite dan konsentrat titanium lainnya tidak mengalami perubahan.

Menurut Partogi, penetapan HPE periode Juli ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai intansi terkait.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: