Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tinjau Daerah Rawan, Mentan Berikan DAK atasi Kekeringan di TTS

Warta Ekonomi -

WE Online, Timu Tengah Selatan - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Amran Sulaiman meninjau daerah rawan pangan di desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/7/2015)

Dari pantauan di lapangan, dalam kunjungan tersebut Mentan menyempatkan diri untuk melaksanakan tanam jagung bersama petani dan pejabat daerah setempat.

"Nanti anggaran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp11 miliar akan diberikan untuk kecamatan ini untuk pembangunan sumur dangkal," katanya kepada para petani di desa Oebelo, TTS.

Menurutnya, solusi yang bisa mengatasi masalah kekeringan di beberapa desa di kabupaten TTS tersebut adalah dengan membangun serta menggali sumur dangkal di daerah tersebut. Dengan dana sebesar itu, ia memastikan akan bisa menggali 1000 sumur dangkal di wilayah-wilayah TTS seperti di desa Oebelo kecamatan Amanuban selatan, desa Toineke, serta Tuafanu.

Kedatangan menteri pertanian ke TTS tersebut karena beredar kabar bahwa ada delapan desa di TTS tersebut yang mengalami rawan pangan yang berakibat pada sejumlah masyarakat di delapan desa tersebut mengkonsumsi Putak (makan untuk ternak yang diolah dari pohon lontar).

Ia menyatakan, dana Rp11 miliar yang digunakan untuk menggali sumur dangkal tersebut nantinya akan diganti langsung oleh dirinya.

"Untuk pelaksanaan penggalian sumur dangkal tersebut harus dilakukan mulai besok," tegasnya.

Ia juga meminta Bupati TTS Paul Vr Mela untuk menurunkan warga TTS untuk mulai menggali sumur dankal tersebut. Selain warga sipil, Mentan juga meminta TNI di daerah tersebut untuk membantu warga di TTS menggali sumur dangkal tersebut.

"TNI saya harapkan juga bisa membantu warga di sini. Agar tahun depan tidak mengalami kekeringan lagi," tambahnya.

Selain meninjau desa Oebelo, mentan juga meninjau desa Toineke dan desa Tuafanu kecamatan Kualin untuk berdialog dengan masyarakat serta meninjau tempat pembibitan sapi. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: