Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKI Akan Bangun 'Fly Over di Atas Bundaran Semanggi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - emerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk membangun dua jalan layang atau flyover diatas Bundaran Semanggi dalam rangka menambah ruas jalan di wilayah ibukota.

"Pembangunan kedua flyover tersebut memang masih dalam tahap perencanaan, desainnya juga masih harus dibahas lagi. Pak Gubernur ingin kawasan itu ditata," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faisal di Jakarta, Kamis (1/7/2015).

Rencananya, menurut dia, pembangunan dua flyover tersebut dilakukan untuk memisahkan dua ruas jalur kendaraan yang melintas, yakni di ruas jalan senayan-Cawang dan Grogol-Kebayoran Baru.

"Jadi misalnya dari arah Ratu Plaza ke Cawang, tidak perlu lewat bawah (kolong) lagi, tapi langsung ke kiri, menuju flyover, terus langsung belok ke kanan. Intinya, flyover itu dibuat untuk kendaraan yang melintas di ruas Jalan Senayan-Cawang dan Grogol-Kebayoran Baru," ujar Yusmada.

Dia menuturkan tujuan pembangunan flyover tersebut, yaitu menyederhakan arus lalu lintas di kawasan Semanggi, terutama di kawasan Jalan Senayan Ratu Plaza ke arah Cawang dan ruas Jalan Grogol menuju Kebayoran Baru.

"Selama ini, kondisi lalu lintas di bawah Bundaran Semanggi sangat semrawut karena sering terjadi pertemuan antara dua arus lalu lintas kendaraan. Sehingga, perlu dibangun dua flyover diatas kawasan itu," tutur Yusmada.

Lebih lanjut, dia mengatakan rencana pembangunan dua flyover tersebut telah dibahas bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dan hingga kini pihaknya juga masih mengurus perihal basic design flyover itu. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan meminta kepada sejumlah pihak pengembang swasta untuk membiayai pembangunan kedua flyover tersebut.

"Biaya pembangunannya itu diperkirakan bisa mencapai Rp600 miliar. Nanti kita tidak akan pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI, tapi kita akan minta kepada pihak swasta. Diharapkan, pengerjaannya juga bisa lebih cepat," ungkap Basuki. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: