Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akhir Juni 2015, Penyerapan Anggaran Daerah Baru 25,92%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan penyerapan anggaran pembangunan daerah per 30 Juni 2015 baru mencapai 25,92%. Diharapkan, pada semester kedua nantinya penyerapan anggaran pembangunan daerah bisa di atas 50%.

Hal itu dikatakannya saat membuka Rapat Kerja Nasional Keuangan Daerah Tahun 2015 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

"Kami cek semuanya per 30 Juni, penyerapan anggaran pembangunan daerah sudah mencapai  25,92% . Kami berharap semester kedua ini Kemendagri bisa mencapai di atas 50%," kata Tjahjo Kumolo saat membuka Rapat Kerja Nasional Keuangan Daerah di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Kendati demikian, Tjahjo menyampaikan pihaknya akan terus memastikan penyerapan anggaran daerah bisa meningkat. Menurutnya, percepatan penyerapan anggaran diperlukan sebagai upaya mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Selain itu, pemerintah menargetkan optimalisasi tata kelola pemerintahan dengan mempercepat terwujudnya reformasi birokrasi," jelasnya.

Adapun, Rakernas Keuangan Daerah yang diselenggarakan Kemendagri merupakan forum konsolidasi kebijakan dan penguatan implementasi terciptanya sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Selain itu, tujuan rakernas ini untuk mengefektifkan peran APDB dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, pemerataan pembangunan, dan penciptaan lapangan kerja. Serta pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: