Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Minta Pasar Murah Terapkan Sistem Transaksi Nontunai

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta kegiatan pasar murah yang digelar mulai 2 hingga 16 Juli 2015 dapat memberlakukan sistem transaksi nontunai.

"Minimal selama enam hari pertama, kalau bisa, saya minta tolong supaya diterapkan sistem transaksi nontunai. Kalau memang ternyata sukses, ya bisa dilanjutkan," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).

Menurut dia, penerapan sistem transaksi nontunai itu diberlakukan agar pelaksanaan kegiatan pasar murah tepat sasaran, yakni kepada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan.

"Karena selama ini terindikasi bahwa kegiatan-kegiatan pasar murah itu sudah banyak dikuasai oleh tengkulak yang ingin menjual barang-barangnya lagi ke masyarakat dengan harga tinggi. Kita tidak mau ini terjadi," ujar Basuki.

Mantan anggota DPR RI Komisi II itu menuturkan salah satu kesulitan yang dihadapi saat pelaksanaan pasar murah, yakni melakukan pendataan terhadap para pembeli, karena tidak diketahui asalnya.

"Oleh karena itu, saya minta supaya dilakukan pendataan, sehingga kita bisa tahu siapa saja, dan berasal dari kalangan mana saja yang berbelanja di pasar murah itu. Jadi, nanti ketahuan kalau ada tengkulak," tutur Basuki.

Lebih lanjut dia mengungkapkan data yang diperoleh melalui perbankan itu, akan dicocokan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), kemudian dijadikan acuan untuk penyelenggaraan pasar murah berikutnya. Sementara itu, sambung dia, untuk memudahkan masyarakat dalam penerapan transaksi non tunai di pasar murah tersebut, sejumlah bank yang telah bekerjasama akan membuka stand pendaftaran.

"Saya sudah minta ke Pak Djangga Lubis (Direktur Utama PD Pasar Jaya) supaya bank yang membuka stan di pasar murah sekalian mulai sosialisasi pembayaran pakai kartu elektronik," ungkap Basuki. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: