Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekosistem 4G XL Sudah Siap Jelang Penyerahan ULO 1.800 MHz

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT XL Axiata Tbl (EXCL) dalam rangka mendorong penetrasi layanan 4G LTE yang maksimal, perseroan telah melakukan persiapan untuk tumbuh kembangnya ekosistem bisnis layanan data sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan digital lifestyle.

Chief Service Management Officer XL Ongki Kurniawan mengatakan persiapan yang dilakukan tidak hanya menyangkut infrastruktur jaringan (network) untuk 4G LTE, namun juga kemudahan pelanggan dan masyarakat dalam mendapatkan smartphone 4G (device) berkualitas dengan harga terangkau serta sejumlah layanan dan aplikasi inovatif yang memanfaatkan keunggulan teknologi 4G yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari sehingga nanti tanggal 6 Juli 2015 pemerintah secara resmi memperbolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz, XL sudah siap melayani pelanggan dan masyarakat. Bahkan, kami juga sudah selesai melakukan tender untuk pembangunan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah yang segera akan kami kebut," katanya dalam acara buka bersama media dan XL, Kamis (2/7/2015).

Menurut Ongki, secara teknis XL juga telah mendesain sedemikian rupa atas infrastruktur 4G LTE agar mampu memberikan kualitas layanan yang memuaskan. Selain itu, hampir semua jaringan XL juga telah melalui proses modernisasi sehingga siap untuk diaplikasikan untuk jaringan 4G.

"Kami optimis kesiapan teknis ini akan mampu menopang kebutuhan perluasan layanan 4G LTE ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan teknologi ini didukung sumber daya spektrum 1.800 MHz yang dimiliki XL dengan kapasitas besar yang merupakan hasil konsolidasi dari XL-Axis. Hal ini membuat XL memiliki keleluasan memberikan layanan 4G dengan kecepatan sangat tinggi. "Nantinya, pada spektrum 1800 MHz ini pelanggan XL dapat menikmati kecepatan hingga 100Mbps," tambahnya.

Ongki menyebutkan bahwa hingga akhir tahun 2015 nanti XL telah menyiapkan pengoperasian layanan 4G LTE di sejumlah daerah baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan internet cepat secara komersil antara lain adalah Lombok, Surabaya, Bandung, Bali, dan Jakarta.

Sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan 4G LTE secara terbatas uji coba di area tertentu (trial).

"Nanti, beberapa kota yang saat ini telah menikmati 4G di jaringan 900 MHz akan tetap dapat menikmati layanan tersebut seperti Medan, Bogor, dan Yogyakarta. XL juga sudah menyiapkan rencana perluasan area cakupan layanan 4G di lokasi-lokasi di mana XL pernah melakukan uji coba di jaringan 1.800 MHz," tukasya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: