Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Minta BI Pertimbangkan Penggunaan Rupiah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah mengirimkan surat kepada Bank Indonesia (BI) untuk dapat mempertimbangkan ketentuan penggunaan mata uang rupiah di dalam negeri.

"Ya memang kami menyampaikan surat ke Bank Indonesia untuk bisa dipertimbangkan karena kami ada juga harus beli dolar," kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soejipto usai Rapat Dengar Pendapat 2015 antara Komisi VI dengan Deputi Kementerian BUMN, PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Gedung Nusantara I DPR RI Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Ia mengatakan pendapatan Pertamina dalam mata uang dolar AS akan memberikan biaya jika harus dikonversi ke rupiah.

"Jadi kalau pendapatan memang sudah dolar kan tidak perlu ada konversi 'duit' (uang) lagi gitu dan tidak ada 'cost' yang muncul berkaitan dengan harus dikonversi ke rupiah, rupiah ke dolar lagi gitu," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan ada pembelian barang-barang untuk kegiatan operasional Pertamina yang memang membutuhkan dolar yang cukup besar.

"Kalau kita impor minyak, impor 'goods' (peralatan) kan semuanya dalam dolar," tuturnya.

Namun, ia mengatakan jika BI tetap menetapkan ketentuan penggunaan rupiah itu, maka pihaknya akan mengikuti peraturan yang berlaku.

"Tentu Pertamina harus melaksanakan ketentuan undang-undang yang berlaku," katanya.

Sebelumnya, Bank Indonesia menyatakan kewajiban penggunaan rupiah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia diimplementasikan secara penuh mulai Rabu 1 Juli 2015.

Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan peraturan itu untuk menegakkan kedaulatan rupiah di NKRI dan sekaligus mendukung stabilitas makroekonomi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: