Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

CEO Citi Dapat Penghargaan 'Responsible Business Leadership'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - EO Citi Indonesia yang baru saja terpilih, Batara Sianturi baru-baru ini mendapatkan penghargaan Responsible Business Leadership dari  Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) yang diselenggarakan di Macau dan diorganisir oleh Enterprise Asia. Penghargaan ini diberikan kepada berbagai institusi bisnis dan pemimpin usaha yang telah mempelopori kegiatan kewirausahaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Berbasis di Malaysia, Enterprise Asia adalah sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mendorong perkembangan kewirausahaan di kawasan Asia. Sementara itu, AREA adalah program penghargaan setingkat Asia yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong peran sektor swasta dalam menciptakan perkembangan perekonomian yang berkelanjutan. 

Anugerah ini diberikan atas kinerja Batara dalam mempelopori program kemasyarakatan selagi dirinya menjabat sebagai CEO Citi Filipina. Antara tahun 2013 hingga 2015, Batara bersama dengan Gubernur Bank Sentral Filipina, Amando Tetangco, Jr. menjabat sebagai Ketua Bersama di dalam ajang penghargaan pengusaha mikro berprestasi, Citi Microentrepreneurship Award. Program ini sendiri memperoleh penghargaan sebagai Program Pemberdayaan Sosial Terbaik tahun 2014 oleh Enterprise Asia.  Partisipasi aktif Batara di dalam program ini telah membawanya ke berbagai pelosok daerah di Filipina, dari Luzon hingga ke Visayas dan Mindanao. Seluruh upaya ini ia lakukan guna memahami tantangan yang dihadapi oleh pengusaha mikro di Filipina.

Dalam perannya Batara juga mengalokasikan waktu untuk berinteraksi dengan pemilik usaha mikro yang berpotensi tinggi di Citi Microentreprise Development Center yang didanai oleh Citi Foundation melalui kemitraan dengan Bayan Academy for Social Entrepreneurship. Program ini merupakan penerima dari Social Empowerment Award dari Enterprise Asia di 2013. Dalam kapasitasnya, Batara memberikan mentoring di bidang kepemimpinan, pengelolaan keuangan, dan manajemen bisnis bagi para pengusaha mikro yang ingin meningkatkan usahanya sehingga dapat menjadi tingkat kecil dan menengah.

Setelah topan Haiyan, yang dikenal sebagai topan yang terdahsyat di dunia, menghantam Filipina,  Batara juga berhasil memobilisasi koleganya di seluruh dunia dan membantu mengumpulkan lebih dari US$1 juta untuk membantu para korban bencana agar dapat memenuhi kebutuhan darurat mereka serta untuk memenuhi kebutuhan rekonstruksi jangka panjang.

Selain itu, Batara sangat aktif mengkampanyekan gerakan sukarelawan di Citi Filipina. Kegiatan Citi Volunteer di negara itu antara lain berupa berdirinya komunitas sadar lingkungan (green communities), pembangunan rumah untuk pihak yang kurang beruntung serta program mentoring bagi anak-anak muda di Filipina.

Pada saat menerima penghargaan, Batara mengatakan "Di Citi, kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi yang nyata dan relevan di negara dimana kami beroperasi. Seiring dengan upaya kami untuk menciptakan, menumbuhkan dan melindungi kekayaan para nasabah, kami menyadari bahwa kemakmuran yang merata hanya dapat dicapai apabila terjadi pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Saya merasa beruntung karena diberikan kesempatan untuk memelopori berbagai inisiatif selama berada di Filipina. Saya akan terus memberikan komitmen yang sama di Indonesia, terutama dalam mempromosikan inklusi keuangan," katanya.

Mengomentari penganugerahan ini, Michael Zink, Head of ASEAN and CCO untuk Citi Singapura mengatakan, "Kami bangga bahwa salah satu pemimpin senior Citi di ASEAN, berhasil mendapatkan penghargaan dari Enterprise Asia atas kontribusinya di Filipina. Sebagai veteran di Citi yang telah mendedikasikan dirinya selama 27 tahun, Batara telah menjiwai nilai-nilai yang dianut perusahaan, terutama dalam memberikan kontribusi sosial yang nyata pada komunitas dimana kami berada. Saya meyakini bahwa Batara akan terus membawa perubahan di negara asalnya, Indonesia  dimana ia sekarang memimpin," ujarnya. 

Di dalam perannya sebagai CEO, Batara akan bertanggung jawab atas seluruh lini usaha Citi di Indonesia. Ini merupakan penunjukkan ketiga bagi Batara sebagai Country Head selama hampir tiga dekade dirinya berkarir di Citi.

Sebelum penugasannya di Filipina, Batara adalah Regional Head untuk Hungaria dan 12 negara lainnya di Eropa Timur. Jabatan ini ia pangku bersamaan dengan jabatannya sebagai Chief Executive Officer untuk Citi Hungaria. Selama 27 tahun meniti karir di Citi, Batara juga pernah menduduki berbagai posisi senior di bagian retail, consumer and marketing, finance dan juga beberapa posisi manajemen di tingkat negara maupun regional.

Berwarganegara Indonesia, Batara, pada tahun 2009 juga mendapatkan anugerah sebagai Top 25 Executives dari majalah SWA dan pada tahun 2013, Batara juga memperoleh penghargaan Golden Beehive Memorial Coin Award dari Asosiasi Perbankan Hungaria. Tahun 2014 lalu, majalah PeopleAsia juga memberinya penghargaan Men Who Matter atas kontribusinya di sektor perbankan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: