Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dishubkominfo Solo Sediakan 16 Truk Angkut Ratusan Motor Pemudik

Warta Ekonomi -

WE Online, Solo - Sebanyak 16 armada truk telah disediakan pemerintah untuk mengangkut sepeda motor pemudik dengan gratis dari Jakarta ke Kota Solo, pada H-5 Lebaran atau Minggu (12/7).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Surakarta, Yosca Herman Sudrajat, di Solo, Jumat (3/7/2015), mengatakan, sepeda motor sebanyak 720 unit itu akan diangkut 16 truk tujuan Solo.

"Sebanyak 720 unit sepeda motor dinaikkan truk dan pemiliknya dengan menumpang 37 bus secara gratis," kata Yosca.

Menurut Yosca, kebijakan mudik gratis warga yang bersepeda motor oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tersebut hampir sama dengan tahun sebelumnya.

"Truk mengangkut sepeda motor pemudik tersebut berangkat dari Jakarta, H-5 Lebaran dan diperkirakan tiba di Kantor Dishubkominfo Surakarta, pada Senin (13/7) atau H-4 Lebaran," katanya.

Namun, bus pengangkut penumpang ada sebanyak 1.656 orang dengan 37 armada juga turun di Kantor Dishubkominfo Surakarta, pada Rabu (15/7) atau H-2 Lebaran. Menurut dia, pemilik kendaraan roda dua pemudik tersebut seperti biasa mekanisme pengambilan sepeda motornya dengan cara menunjukkan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

"Pemudik sepeda motor ini, akan diberikan bantuan bahan bakar minyak (BBM) satu liter untuk perjalanan menuju SPBU terdekat," katanya.

Yosca mengatakan, dengan adanya program mudik gratis sepeda motor tersebut untuk mengantisipasi risiko adanya kecelakaan lalu lintas di jalan selama mudik hingga arus balik.

"Mudik gratis sepeda motor ini, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan," katanya.

Menurut Yosca, pada arus balik atau pulang ke Jakarta, Dishubkominfo Surakarta juga memberangkatkan sebanyak lima truk untuk mengangkut sebanyak 200 unit sepeda motor pemudik.

"Lima truk akan membawa 200 unit sepeda motor pada arus balik dan diberangkatkan dari Solo, Kamis (23/7) atau H+5 Lebaran," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 10 armada bus untuk mengangkut penumpang secara gratis pada arus balik. Bus itu, akan diberangkatkan dari Solo, Jumat (24/7) dan mereka diperkirakan tiba di Jakarta, Minggu (26/7).

"Bus mengangkut penumpang khusus mudik gratis sepeda motor akan diturunkan di Kantor Dishubkominfo Surakarta atau kawasan Manahan Solo, untuk mengurangi kepadatan di Terminal Tirtonadi," katanya.

Menurut dia, bus yang datang masuk di Terminal Tirtonadi Solo rata-rata mencapai 4.000 hingga 4.500 armada per hari, baik bus reguler maupun ekstra. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: