Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penumpang Kapal Diimbau Tidak Pakai Perhiasan Berlebih Saat Mudik

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalbalam - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau para pemudik Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah tidak menggunakan perhiasan berlebihan untuk mencegah tindak kejahatan.

"Kami berharap calon penumpang kapal laut tidak memakai perhiasan emas yang menyolok karena akan mengundang orang berbuat kejahatan," kata Pelaksana Harian KSOP Pangkalbalam, Choyriah Bari di Pangkalpinang, Jumat (3/7/2015).

Selain itu, penumpang kapal laut juga tidak membawa barang bawaan secara berlebihan. "Membawa barang bawaan secara berlebihan tentu akan mempersulit mereka selama perjalanan menuju kampung halamannya, ujarnya.

Menurut dia, pemudik yang memakai perhiasan dan membawa barang bawaan secara berlebihan rawan terjadi tindak kejahatan seperti penodongan, pencurian, pemerasan, hipnotis dan lainnya yang akan membahayakan keselamatannya.

"Kami berharap calon penumpang kapal untuk lebih waspada dan mengantisipasi tindak kejahatan ini agar selamat sampai kampung halamannya," ujarnya.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan selama arus mudik, kata dia, pihaknya telah membangun posko pengamanan terhitung H-15 hingga H+15 Lebaran Idul Fitri.

"Posko pengamanan mudik Lebaran ini melibatkan Pelindo, Bea Cukai, Kesehatan Pelabuhan, Balai Karantina Pertanian, Polair, TNI AD dan Radio Pantai untuk memberikan pelayanan keamanan, kesehatan, informasi keberangkatan kapal dan lainnya sehingga calon penumpang aman, tertib dan lancar," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyiagakan aparat di titik-titik rawan terjadi tindak kejahatan di kawasan pelabuhan. "Petugas keamanan ditempatkan di beberapa titik rawan kejahatan, seperti di dalam ruangan tunggu penumpang, pintu masuk, kawasan parkir dan tempat-tempat penjualan tiket kapal lainnya," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: