Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Susi: Butuh 100 Sarjana Kelautan Terbaik untuk KKP

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan kementeriannya membutuhkan 100 sarjana kelautan dan perikanan terbaik untuk membangun sektor maritim di Tanah Air.

Menteri Susi setelah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/7/2015), mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada Iskindo untuk merekomendasikan 100 sarjana terbaiknya.

"Kalau saya bisa dapat 100 'the best' dari mereka kasih ke saya, saya akan 'assesment' (perhatian) untuk di KKP. Karena KKP kan sekarang 'expand' anggaran untuk para 'stakeholder' (pemangku kepentingan). Mereka menginginkan kita memperbaiki 'data base' soal perikanan," tukasnya.

Pihaknya sekaligus meminta bantuan untuk bisa mendapatkan 100 sarjana terbaik dan sejumlah "fresh graduates" dari universitas terbaik untuk direkrut menjadi PNS di kementeriannya yang bahkan telah mendapatkan persetujuan dari MenPAN/RB.

Menurut Susi, kementeriannya saat ini sedang membutuhkan karyawan yang berkualitas. "Saya sudah berikan izin untuk merekrut lima siswa terbaik di setiap universitas di Indonesia," ujarnya.

Jalur itu, kata dia, merupakan jalur khusus sebagaimana yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, di mana kementeriannya akan mengambil lima lulusan terbaik di setiap universitas di Indonesia dengan kuota 50 orang tahun ini.

"Kita ingin sekolahkan mereka, kita akan mencari best material dulu, orangnya pintar, kalau bisa 'asses' secara spikologis supaya mereka bisa jadi leadernya KKP," tambahnya.

Untuk jurusan, Susi tak mewajibkan lulusan berlatar belakang kelautan atau perikanan asalkan merupakan 5 terbaik di universitasnya.

"Tahun ini kita rekrut untuk tahun depan. Kita udah 'planing' izin 50, tahun depan 50 lagi. KKP ingin saya bangun dari orang-orang 'the best'," tegasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: