Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polri Turunkan Laka Lantas Cegah Kecelakaan Mudik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Polri berupaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas dalam Operasi Ketupat 2015, kata Kakorlantas Irjen Condro Kirono.

"Khusus di Mudik 2015, hal yang berbeda adalah upaya untuk menurunkan laka lantas," katanya di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan jajaran Polda Jabar dan Polda Jateng terkait persiapan Operasi Ketupat 2015. Untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalin, beberapa instansi pemerintah gencar melaksanakan mudik gratis menggunakan bus. Hal ini untuk mendorong para pemudik yang biasanya menggunakan motor sebagai moda transportasi untuk menggunakan bus ketika mudik.

"Nah untuk menurunkan angka kecelakaan, makanya pemerintah mengadakan mudik bersama," katanya.

Pasalnya kasus kecelakaan lalin ketika lebaran, paling besar disumbang oleh kecelakaan sepeda motor. Sementara bagi para pemudik yang tetap menggunakan sepeda motor saat mudik, maka Polri tetap menyiapkan beberapa titik peristirahatan yang dilengkapi bengkel gratis, dokter gratis, konsultan gratis di jalur Pantura.

Pihaknya menyebutkan bahwa beberapa lokasi peristirahatan yang disiapkan Polri terletak di perbatasan Karawang, Kantor Camat Ciasem (Subang), Indramayu, Balai Bibit Sukamandi (Subang) dan Brebes.

"Sepeda motor wajib hukumnya masuk situ untuk istirahat. Karena kalau tidak diwajibkan, mereka ingin cepat-cepat sampai, padahal badan lelah, ngantuk. Kan bahaya," ujarnya.

Pihaknya pun mendorong para pemotor agar mau beristirahat di titik tersebut sehingga dapat menikmati berbagai fasilitas dengan gratis. "Kalau mau cek bengkel, ada bengkel gratis," katanya. Sejumlah prasarana di titik-titik tersebut sudah disiapkan oleh Mabes Polri yang bekerja sama dengan agen pemegang merek (APM) dan akan dioperasikan dari H-7 hingga H+7 Lebaran. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: