Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sektor Energi Kunci Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan optimis daya saing industri nasional meningkat seiring pemenuhan kebutuhan listrik nasional. Jika daya saing industri meningkat maka daya saing produk Indonesia di pasar global akan terus tumbuh dan meningkat.

Penegasan ini disampaikan saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit G dan Groundbreaking Proyek-proyek Pengembangan Geothermal di Gedung Geothermal Information Center PT Pertamina Geothermal Energy, Kamojang Bandung, Minggu (5/7/2015).

Menurutnya, keberhasilan mengelola sektor energi dipastikan menjadi kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Industri menjadi kuat bergantung pada dua power, yaitu electric power dan man-power.

"Produk perdagangan kita akan memiliki daya saing di pasar global bila industrinya berdaya saing. Industri akan berdaya saing jika kedua power tersebut kompetitif," ungkapnya.

Saat ini, kapasitas listrik terpasang nasional adalah 50 ribu MW. Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memproyeksikan penambahan 35 ribu MW hingga 2019.

"Dengan penambahan 35 ribu MW energi elektrifikasi hingga tahun 2019, sebagai prasyarat penting dalam pencapaian target peningkatan ekspor, saya yakin peningkatan ekspor 300% tahun 2019 bukan hanya jadi mimpi belaka, namun betul-betul akan bisa terwujud," tambahnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: