Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Tedjo: Pilkada Tak Bakal Ditunda

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edi Purdijatno menyatakan yakin tidak akan ada penundaan pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2015.

"Semangatnya begitu (tidak ada penundaan). Sampai saat ini belum ada penundaan. Mudah-mudahan bisa terlaksana semua," kata Tedjo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/7/2015).

Terkait masih kurangnya dana pengamanan, Tedjo juga yakin hal itu tidak akan menjadi persoalan utama. Menurut dia, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah menjelaskan hal itu kepada Kementerian Keuangan.

"Mendagri sudah jelaskan pada Kemenkeu, nanti baru dijelaskan," katanya.

Pada rapat gabungan pemerintah, penyelenggara pemilu, dan DPR, akhir Juni lalu, Kemendagri mengklaim dana pengamanan pilkada yang sudah disetujui oleh pemda sebesar Rp645 miliar dari kebutuhan sekitar Rp1,1 triliun. Data tersebut berbeda dengan apa yang diungkapkan Polri. Korps Bhayangkara melansir, pemda baru menyetujui dana pengamanan sekitar Rp363 miliar dari anggaran yang dibutuhkan Rp1,075 triliun.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Mendagri meminta Presiden Joko Widodo untuk segera menggelar rapat terbatas (ratas) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 serentak. Ratas tersebut untuk menindaklanjuti rapat gabungan yang mengungkapkan persoalan anggaran pengamanan pilkada.

Memang dari rencana pelaksanaan pilkada di sembilan provinsi dan 260 kabupaten dan kota, Mabes Polri menyiapkan sekitar 3.000 personel dimana kekuatan tersebut belum ditambah sekitar 225 ribu personel pengamanan aktif. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: