Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajukan Anggaran Rp 1,1 Triliun, Polri Belum Dapat Persetujuan Pemda

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti mengatakan anggaran pengamanan pilkada serentak yang diajukan Polri sebesar Rp 1,1 triliun belum sepenuhnya disetujui oleh pemerintah daerah (pemda). Hal itu terungkap dalam rapat gabungan antara pemerintah dengan DPR hari ini, Senin (6/7/2015).

"Dari total anggaran Rp 1,1 triliun baru 49,95 persen yang telah dipenuhi sehingga masih terdapat kekurangan anggaran sebesar 50,05 persen atau Rp 564 miliar," kata Badrodin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Jenderal bintang empat itu menambahkan sesuai UU Nomor 8 Tahun 2015 Pasal 116 tentang Pilkada, biaya penyelenggaraan pilkada serentak akan dilimpahkan di APBD serta APBN. Untuk itu, Badrodin mengaku pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemda setempat untuk menyelesaikan persoalan anggaran ini.

"Saat ini kapolda dan kapolres yang wilayahnya akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 9 Desember 2015 tengah berkoordinasi," imbuhnya.

Sementara terkait dengan penanganan kasus yang sewaktu-waktu bisa berubah (kontingensi) Polri telah menyusun pola pengamanan melalui polda setempat.

"Apabila terjadi suatu peristiwa kontingensi, Polri telah mengusulkan dukungan anggaran yang bersumber dari APBN. Adapun besarnya anggaran tersebut sebesar Rp 54 miliar yang terdiri atas anggaran pergeseran pasukan dari back up polda terdekat ke polda yang terjadi peristiwa kontingensi sebesar Rp 22miliar. Serta Rp 32miliar untuk pergeseran dari Mabes Polri ke polda atau polres," tutup Badrodin.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: