Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Ikan Kembung di TPI Cilincing Terus Merosot

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Harga ikan kembung kecil di Kampung Nelayan Cilincing, Jakarta Utara, merosot sejak tiga hari terakhir hingga 40 persen dari harga biasanya.

"Penjualan dan permintaan kembung tetap stabil, namun harganya merosot dari Rp35ribu per kg menjadi Rp25.000 per kg. Ini karena banyaknya ikan kembung sampai tidak habis dijual di tempat lelang,"kata salah satu petugas administrasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sahero di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Sahero mengatakan ikan kembung memang menjadi jenis tangkapan yang paling banyak didapatkan pelayan sejak dua bulan terakhir karena cuaca dan kondisi laut yang bagus.  Sejak memasuki Ramadhan hari ke-15, satu perahu bisa mengumpulkan tangkapan ikan kembung hingga lima kuintal.

Jumlah tersebut juga tidak habis dijual di tempat pelelangan maupun pasar ikan yang setiap pagi digelar di Kampung Nelayan Cilincing.

"Yang normal itu penjualan kami hanya berkisar satu sampai dua kuintal itu habis. Kalau sekarang ini bisa sampai lima kuintal," kata salah seorang pelayan bernama Fajaruddin.

Fajaruddin yang sudah melayan sejak 25 tahun lalu mengatakan hasil tangkapan yang berlebih akan dijual di Muara Baru, Muara Karang dan Kalibaru.

Fajat mengaku tangkapan ikan kembung selama tiga hari terakhir selalu berlebih, padahal sudah ada 12 perahu yang tidak melaut karena nelayan dan anak buah kapal (ABK) nya pulang ke kampung halaman.

"Sejak puasa hari ke-15, nelayan sudah banyak yang mudik. Umumnya ke Cirebon dan Indramayu," kata Fajar.

Ia menambahkan musim panen ikan kembung kecil akan berakhir pada Oktober karena pada musim tersebut ombak semakin tinggi dan curah hujan semakin intensif. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: