Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Dua Kebijakan yang Dinilai Positif untuk Industri Properti

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Intiland Development Tbk (DILD) melihat pasar properti ke depan akan lebih positif dibandingkan dengan pencapaian di awal tahun ini. Hal ini didorong dengan adanya pelonggaran uang muka atau loan to value (LTV) KPR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI).

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono mengatakan hal ini merupakan sebuah langkah positif dari pemerintah yang dapat menggerakkan sektor properti.

"Kita harapkan akan positif terhadap properti," kata Archied dalam acara buka puasa bersama wartawan di Jakarta, Senin malam (6/7/2015).

Selain pelonggaran LTV yang diberikan BI, industri properti juga akan semakin menggeliat dengan adanya rencana pemerintah untuk membuka keran kepemilikan asing atas properti seperti apartemen.

"Dari apartemen asing ini akan membantu. Produk kita kebanyakan di daerah-daerah favorit asing karena yang cocok untuk asing yang premium. Kita harap bisa direalisasikan aturan juga pelaksanaannya. Kita tunggu realisasi secara pasti. Dari produk lokasi, kita cukup diuntungkan dengan kepemilikan asing," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan Intiland Development Theresia Rustandi menuturkan hal yang sama bahwa pihaknya hingga saat ini masih menunggu proses aturan kepemilikan asing tersebut. Pasalnya, meski asing bisa membeli properti premium, namun hanya sebatas hak pakai sehingga ada ketakutan tersendiri dari beberapa pihak terkait kepemilikan asing tersebut.

"Aturan kepemilikan asing itu hak pakai sertifikatnya. Saat ini sistem belum bisa diterima hak pakai, perbankan juga belum terima sehingga orang asing atau Indonesia yang mau membeli kembali akan ragu-ragu bisa pakai atau tidak. Tapi, saat ini masih proses maka kita tunggu aja. Tapi, keuntungannya untuk devisa negara akan accountable," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: