Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Legislator Minta Pemprov Sumbar Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Warta Ekonomi -

WE Online, Padang Aro - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Khamislihat meminta pemerintah setempat untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

"Jumlah penduduk terus bertambah setiap tahun sehingga kebutuhan akan pekerjaan juga meningkat. Pemerintah seharusnya bisa menciptakan lapangan kerja baru agar masyarakat tidak menjadi pengangguran," kata dia, di Padang Aro, Selasa (7/7/2015).

Sekarang banyak siswa yang sudah lulus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan sehingga membutuhkan pekerjaan. Dengan adanya lapangan kerja baru akan menekan angka kemiskinan serta menghindarkan remaja dari perbuatan negatif.

"Lapangan kerja akan mengurangi angka kemiskinan serta tindak kriminalitas," jelasnya.

Ia berharap pemerintah bisa bekerja sama dengan semua pihak sehingga lapangan kerja bisa diciptakan demi kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Hubungan Industrial dan Penyidik Ketenagakerjaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Nurasidin Panggabean mengatakan, tahun ini pemerintah melaksanakan tiga program agar masyarakat bisa bekerja secara mandiri. Tiga program tersebut yaitu Teknologi Tepat Guna (TTG), padat karya dan kewirausahaan.

"Dengan adanya program ini, masyarakat bisa bekerja secara mandiri sehingga memiliki penghasilan dan tentu saja bisa mengurangi kemiskinan," jelasnya.

Selain itu pemerintah daerah juga menyurati semua perusahaan di daerah itu supaya dalam penerimaan tenaga kerja bisa melibatkan pemerintah agar tercapai jalinan koordinasi program pelatihan serta lapangan kerja yang tersedia. "Dengan menekankan sinkronisasi program pelatihan dan lowongan kerja, masyarakat setempat juga berarti diberi peluang untuk bekerja sesuai keahlian yang dimilikinya," tambahnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: