Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Bentuk Satgas Pantau Stok BBM di Pangkalbalam

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalpinang - PT Pertamina Depo Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membentuk satuan tugas (satgas) untuk memantau ketersediaan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) selama menjelang hingga setelah Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Satgas ini melakukan pemantauan stok BBM di SPBU dan lembaga penyalur secara ditel hingga 2 Agustus 2015," kata Sales Eksekutif PT Pertamina Depo Pangkalbalam Arief Wahyu di Pangkalpinang, Selasa (7/7/2015).

Ia menjelaskan satgas itu bertugas mengawasi ketersediaan dan distribusi BBM jenis premium, solar, pertamax selama Ramadhan dan arus mudik maupun arus balik Lebaran 2015.

"Satgas bertugas memastikan pasokan ada dan distribusi berjalan dengan baik sehingga dapat mengantisipasi kelangkaan BBM menjelang dan pascalebaran nanti," katanya.

Selain itu, kata dia, satgas itu juga memantau setoran SPBU atau lembaga penyalur dalam pengadaan BBM menjelang lebaran.

"Apabila stok di SPBU tersebut kurang maka satgas akan meminta lembaga penyalur segera menambah atau menyetorkan modalnya ke perbankan untuk pembelian BBM-nya," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, satgas itu juga mengawasi ketersediaan BBM di depo. Minimal stok di Depo cukup hingga tujuh hari ke depan.

"Stok BBM di depo harus selalu tersedia sehingga kami terus melakukan penambahan stok BBM untuk memperkuat cadangan," ujarnya.

Ia menjelaskan kondisi stok BBM jenis premium di Depo Pangkalbalam pada Senin (6/7) cukup untuk 3,8 hari, solar 4,3 hari, minyak tanah 71 hari, pertamax cukup hingga 9,6 hari ke depan, dan secara umum stok di Pulau Bangka aman. Stok BBM jenis premium di Depo Tanjungpandan (Pulau Belitung) cukup untuk memenuhi kebutuan selama tiga hari, solar lima hari, pertamax 30 hari.

"Pembongkaran BBM di Pulau Bangka dan Belitung hampir dilakukan setiap hari, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan BBM menjelang dan setelah lebaran nanti," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: