Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Layanan 4G LTE?

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada hari Senin (6/7/2015) kemarin meresmikan jaringan 4G LTE bersama operator telekomunikasi.

Sebenarnya, apa itu 4G LTE? Layanan 4G LTE merupakan teknologi jaringan internet supercepat yang merupakan generasi keempat dan berbasis internet protocol (IP). Teknologi ini memungkinkan proses transfer berlangsung stabil dan cepat.

Jaringan 4G LTE diklaim mampu memberikan kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) tiga kali lipat dibanding generasi sebelumnya. Keunggulan tersebut membantu para pengguna dalam mengakses beragam aktivitas online dengan lebih efisien.

Bila dirunut ke belakang maka layanan 4G mengkhususkan diri pada layanan data. Sementara itu, layanan sebelumnya 3G merupakan kombinasi antara suara dan data. Adapun, 2G diperuntukkan bagi komunikasi suara yang lebih dikembangkan. Semula, generasi awal teknologi atau 1G cuma dirancang untuk komunikasi suara.

Menkominfo Rudiantara sebelumnya mengatakan komersialisasi 4G LTE dilakukan setelah para operator mendapat sertifikasi Uji Laik Operasi (ULO) dari Kemenkominfo. Menurutnya, peluncuran komersialisasi 4G LTE  merupakan tonggak sejarah bagi teknologi seluler di Indonesia.

"Indonesia masuk dalam jajaran 120 negara yang sudah mengaplikasikan teknologi 4G LTE. Layanan 4G memungkinkan kecepatan akses komunikasi 20 kali lebih besar dari sebelumnya," kata Rudiantara.

Untuk diketahui, lima kota dipilih sebagai tempat peluncuran layanan ini, yaitu Mataram (XL), Batam (Smart), Banjarmasin (Three), Balikpapan (Indosat), dan Makasar (Telkomsel).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: