Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

MUI Apresiasi Kinerja Pekerja Televisi Semakin Baik Saat Ramadhan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi program televisi selama bulan Ramadhan pada tahun 2015 yang saat ini memasuki pekan ketiga dengan kualitas substansi yang lebih baik dari periode sebelumnya.

"MUI ingin memberi apresiasi setinggi-tingginya terhadap kinerja pekerja televisi yang semakin tahun semakin baik," kata Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Imam Suhardjo di Gedung MUI Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Imam mengatakan perbaikan yang ada saat ini dapat terlihat dari intensitas tayangan yang tidak mendidik seperti komedi menjelang waktu sahur dan berbuka puasa dengan banyak konten yang dianggap kurang mendidik karena terkesan 'sarkastik'.

"Acara yang tidak mendidik seperti komedi menjelang sahur dan berbuka yang banyak menampilkan tayangan tidak mendidik dengan banyak mengeluarkan makian-makian, hinaan, celetukan yang menyasar fisik dan sebagainya, saat ini sudah jauh berkurang. Kita patut apresiasi kontribusi mereka," ujar Imam.

Hal tersebut, kata Imam, tidak terlepas dari kontrol yang lebih cermat dari berbagai lembaga dan masyarakat, selain kesediaan lembaga penyiaran itu sendiri untuk bersama-sama memperbaiki diri.

MUI, dalam pemantauannya memperhatikan program khusus keagamaan dan HVSB (horor, violence, sex dan banyolan). Dia menilai kebanyakan semua lembaga penyiaran mempersiapkan program tayangan Ramadhan dengan lebih baik dan berlomba untuk menjadi contoh.

"Seperti film seri berlatar sejarah, komedi situasi keseharian yang kaya akan unsur pendidikan dan lainnya, mereka semua berlomba. Seperti biasa, program yang sukses tahun lalu akan diikuti oleh lembaga penyiaran yang lain dengan berbagai modifikasi," katanya.

Menurut catatan yang dimiliki MUI, saat ini masih ada sekitar dua stasiun televisi yang masih menayangkan program yang kurang mendidik.

"Namun kondisi ini merupakan kebalikan dari waktu yang lalu di mana hanya ada dua atau tiga stasiun televisi yang menayangkan program positif," ujarnya.

Imam berharap melalui upaya perbaikan ini, ke depannya acara televisi bisa berisi program acara yang bermanfaat untuk membentuk karakter bangsa.

"Kita harap ke depan akan semakin baik sehingga acara TV itu, baik di luar Ramadhan dan utamanya di dalam Ramadhan, bersih dari acara yang tidak bermanfaat," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: