Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Krisis Yunani, Komisi XI Ingatkan Pemerintah Hati-hati

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Krisis utang yang melanda Yunani ternyata menjadi perhatian serius dari Komisi XI DPR. Komisi yang membidangi masalah keuangan dan perbankan itu bahkan mengaitkan kondisi breakdown yang dialami negara para filsuf itu dengan produk legislasi yang tengah digodok oleh komisi pimpinan Fadel Muhammad tersebut.

Anggota Komisi XI DPR Muhammad Misbakhun mengatakan bahwa pasca-keputusan pemerintah dan DPR mencabut Perppu Nomor 8 Tahun 2008 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) maka diharapkan RUU JPSK nantinya menjadi upaya pencegahan krisis supaya tidak dialami oleh pemerintah dan upaya menghindar atas kegagalan Yunani.

RUU JPSK, lanjut politisi Golkar itu, diharapkan dapat menjadi payung hukum bagi pemerintah untuk menegaskan kewenangan lembaga-lembaga keuangan yang selama ini dikeluhkan belum jelas arah otoritasnya.

"Kondisi krisis Yunani saat ini memang harus menjadi perhatian banyak negara jangan sampai permasalahan krisis Yunani menjadi pemicu awal bagi terjadinya permasalahan bagi bagian dunia yang lain," ujar Misbakhun kepada Warta Ekonomi, Selasa (7/7/2015).

Kendati krisis yang melanda Yunani tidak memiliki dampak langsung bagi Indonesia karena hubungan dagang dan sistem keuangan antar-kedua negara tidak besar, kata Misbakhun, tetapi kaitannya dengan sistem keuangan Yunani akan mempengaruhi perekonomian Eropa secara umum.

"Faktor ini yang harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak," imbuhnya.

Sementara itu, anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan Andreas Eddy Susetyo menilai pemerintah harus menjadikan krisis Yunani sebagai peringatan untuk memberikan batasan devisa dalam APBN.

"Di APBN dijelaskan minimal tiga persen dari PDB kita harus diperhatikan supaya jangan kita kayak Yunani," pungkasnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: