Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fahri: Presiden Jokowi Perlu Meniru Pak Harto

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengemukakan, Presiden Joko Widodo perlu meniru mantan Presiden Soeharto dalam menempatkan orang yang dipercaya masuk dalam kabinetnya.

"Presiden Jokowi seperti halnya Soeharto harus bisa merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan luar biasa yang bisa dipercaya," katanya kepada pers di Jakarta, Rabu (8/7/2015), terkait wacana yang berkembang di publik mengenai perombakan kabinet.

Menurut Fahri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun seharusnya bisa memberikan kepercayaan penuh apapun yang akan dilakukan oleh para pembantunya.

"Pak Harto mampu berkuasa 32 tahun karena bisa memilih orang-orang yang dipercaya dan dia kemudian mem-'back up' penuh orang-orang tersebut atas apa yang mereka lakukan," ujar Fahri.

Menurut Fahri, untuk memilih orang-orang seperti itu, Jokowi juga harus berani memberikan kepercayaan pada mereka. "Dulu jika ada menteri memiliki program, maka semua menteri di kabinet harus mendukung kebijakan menteri tersebut termasuk Pak Harto," katanya.

Orang di sekeliling Pak Harto memiliki keunggulan masing-masing. Dia pun mencontohkan betapa hebatnya Ali Alatas sebagai menteri luar negeri dan juga Moerdiono sebagai sekretaris negara.

"Semua di tangan beliau, tidak boleh ada satu pun kesalahan. Semua apa yang dilakukan Pak Harto sudah disiapkan secara cermat, siap risiko dan dokumen checking sistem yang baik," katanya.

Orang di sekeliling Jokowi harus memiliki kelas kehati-hatian setingkat Moerdiono. "Orang lain boleh salah, presiden tidak boleh," katanya. (ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: