Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Bakal Terbang ke Singapura

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura pada 28-29 Juli 2015, demikian keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi akan didampingi antara lain oleh Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan A Djalil, Menteri Luar Negeri Retno LP Marusdi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kunjungan kenegaraan tersebut bertujuan untuk lebih memajukan kerja sama ekonomi antar kedua negara. Singapura saat ini merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

Pada 2014, total perdagangan antara Indonesia dengan Singapura mencapai 41,99 miliar dolar AS. Dalam bidang investasi, Singapura menempati posisi pertama investor terbesar di Indonesia dalam lima tahun terakhir, dengan total investasi pada 2014 mencapai 5,8 miliar dolar AS dalam 2.056 proyek.

Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan dari Singapura juga merupakan kunjungan wisatawan asing terbesar di Indonesia, yaitu mencapai 1,5 juta orang pada 2014, atau meningkat sebesar 10,12 persen dari 2013.

Selama kunjungan, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, serta akan menghadiri pertemuan bisnis yang diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 150 CEO perusahaan-perusahaan besar di Singapura.

Selain untuk membahas isu bilateral, kunjungan Presiden RI ke Singapura juga akan dimanfaatkan untuk membahas isu mengenai ASEAN.

Bagi Indonesia, Komunitas ASEAN 2015 harus memberikan manfaat langsung bagi masyarakat ASEAN. Indonesia saat ini sedang memperjuangkan adanya instrumen hukum yang mengikat (legal binding instrument) bagi perlindungan buruh migran di negara-negara kawasan ASEAN.

Pada akhir kunjungan Presiden Jokowi ke Singapura, direncanakan akan dilakukan peresmian nama spesies anggrek baru yang akan dinamakan Iriana Jokowi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: