Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wagub Djarot Percepat Pengerukan Sungai Cegah Banjir

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercepat pengerjaan pengerukan sungai atau kali serta waduk yang tersebar di seluruh wilayah ibu kota untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan.

"Kalau pengerukannya dipercepat, maka saat memasuki musim hujan nanti sungai-sungai dan waduk-waduk kita sudah siap menampung air hujan. Daya tampungnya juga jadi lebih banyak," kata Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Selain mengeruk sungai dan waduk, Pemprov DKI, melalui Dinas Tata Air DKI Jakarta akan melakukan perbaikan terhadap mesin-mesin pompa air yang ada di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Demikian pula dengan mesin-mesin pompa air yang sudah rusak. Itu semua akan cepat-cepat kita perbaiki, sehingga saat musim hujan datang, pompa dapat berfungsi dengan baik untuk memompa dan mengalirkan air ke sungai atau ke laut," ujar Djarot.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Blitar itu juga memberikan instruksi kepada wali kota di lima wilayah Jakarta untuk membuat sumur-sumur resapan, terutama di daerah yang rawan banjir.

"Pembuatan sumur resapan di daerah yang rawan genangan air dan banjir dapat mengurangi titik-titik banjir di Jakarta. Oleh karena itu, seluruh tindakan antisipasi banjir itu harus segera dilakukan," tutur Djarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Tri Djoko Sri Margianto mengungkapkan kondisi saluran air, kali atau sungai serta waduk di Jakarta saat ini sangat memprihatinkan.

"Saya sudah melihat sendiri di lapangan, kondisi saluran air, sungai dan waduk itu memprihatinkan, penuh dengan endapan lumpur. Itu harus segera dibenahi. Pengerukan harus dilakukan secepatnya, sebelum musim hujan datang," ungkap Tri. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: