Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKP Sumsel Bina UMKM Olahan Ikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Palembang - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan membina sekitar 250 Usaha Mikro Kecil dan Menengah olahan ikan yang tersebar di beberapa kabupaten/kota, untuk meningkatkan nilai tambah dan mensejahterakan pelaku sektor ini.

Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumsel, Luluk Hari Suci di Palembang, Rabu (29/7/2015), mengatakan, pembinaan ini lebih difokuskan untuk meningkatkan daya saing UMKM olahan ikan agar mampu menembus pasar.

"Selama ini produk olahan ikan belum begitu beragam karena sebagian besar kalangan UMKM lebih menyukai membuat panganan pempek. Dalam membuat pempek ini juga lingkupnya kecil, yakni berkisar 20 kg ikan per hari, padahal potensi sungguh luar biasa jika kalangan UMKM mau benar-benar fokus untuk mengembangkan bisnis," kata dia.

Ia mengatakan, persoalan yang dihadapi UMKM olahan ikan ini relatif sama dengan UMKM jenis lain, seperti kekurangan modal, belum berpengalaman, hingga minim kreatifitas dan inovasi.

"Seperti ada ketakutan, jika membuat banyak nanti tidak laku, dan lainnya. Ini yang sedang dikikis pemerintah, yakni bagaimana meyakinkan kalangan UMKM untuk berani maju dan mengembangkan usaha, salah satunya dengan cara pendampingan," kata dia.

DKP Sumsel akan aktif mengajak UMKM mengikuti pameran skala nasional dan mencarikan pasar yang dapat menyerap produk.

"Tapi yang terpenting dari semuanya, yakni keinginan dari pengusaha sendiri untuk mengembangkan usaha seperti membuat beragam produk turunan ikan lain, selain pempek seperti nugget, ikan salai, ikan asin, yang dapat dijadikan peluang untuk menambah keuntungan," kata Luluk.

Ia mengemukakan, pemerintah mendorong agar para pengusaha kecil merambah sektor olahan ini karena sangat bermanfaat ketika harga ikan melambung atau pasokan terbatas di pasaran.

"Di saat harga ikan murah, seharusnya dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil dengan membuat nugget ikan yang produknya bisa disimpan, berbeda dengan pempek yang sangat tergantung sekali dengan permintaan secara harian," kata dia.

DKP Sumsel menggenjot konsumsi masyarakat dalam memakan ikan karena dalam beberapa tahun terakhir relatif stabil pada kisaran 38 kilogram per kapita per tahun (sudah di atas rata-rata nasional 36 kg per kapita).

"Pada 2014, DKP menargetkan naik menjadi 39 kilogram per kapita, sedangkan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah hingga 2018, hanya menargetkan 40 kg per kapita," katanya. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: