Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendikbud: MOS untuk Kenalkan Aktivitas Sekolah Bukan Perploncoan

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan seharusnya masa orientasi siswa (MOS) bertujuan untuk mengenalkan aktivitas sekolah pada siswa baru bukan mengarah pada perpeloncoan.

"Masa orientasi bertujuan mengenalkan aktivitas sekolah kepada siswa baru, bukan malah tindakan tindakan penyalahgunaan wewenang," ujar Anies, saat inspeksi mendadak di SMKN 4 Tangerang, Banten, Rabu (29/7/2015).

Tindakan yang mengarah ke perpeloncoan saat masa orientasi, membuat siswa baru juga melakukan tindakan yang sama pada masa yang akan datang. Pada saat sidak pelaksanaan MOS di sekolah tersebut, Anies meminta siswa baru melepaskan atribut aneh yang dipergunakan.

Sejumlah siswa baru di sekolah itu mengenakan tas karung goni, tali sepatu dari rafia, pita rambut warna-warnai, kaos kaki warna-warni hingga papan nama dari kardus. Mendikbud juga meminta pihak sekolah tidak membiarkan siswa baru mengenakan atribut yang aneh-aneh. Anies menilai masa orientasi yang berlangsung di sekolah-sekolah lebih banyak mencerminkan pembodohan.

"Penyebab terjadinya kejahatan karena penyalahgunaan wewenang, bukan karena banyaknya kesempatan, tetapi karena diam dan mendiamkan," tegas Mendikbud.

Mendikbud meminta segala bentuk praktik penyimpangan saat MOS dilaporkan. Permasalahannya, banyak orang tua maupun siswa korban kekerasan yang diam dan mendiamkan.

"Jadi harus dihentikan dan harus dilaporkan. Silahkan laporkan kekerasan melalui laman www.mopd.kemdikbud.go.id," cetus dia.

Dia menambahkan MOS haruslah diisi dengan hal-hal yang mendidik, bukan dengan praktik-praktik menyimpang. "Kami akan mengawasi praktik MOS yang terjadi di sekolah," tukas Mantan Rektor Paramadina itu. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: